16 Film Akan Diputar di Khanduri Pilem

poster 2.cdr

Poster “Khanduri Pilem”

Banda Aceh | Komunitas Tikar Pandan bekerja sama dengan Yayasan Cipta Citra Indonesia, Cinesurya, dan Karuna Pictures, akan mengadakan program “Khanduri Pilem”. Program ini akan menayangkan 16 film terpilih, mulai dari film pendek, panjang, eksperimental, seni, hingga film festival yang telah mendapatkan penghargaan baik di tingkat lokal maupun internasional. Mayoritas film yang diputar adalah film edisi pemutaran terbatas–tidak diputar atau diputar terbatas di bioskop komersial–dan diputar secara independen oleh produsernya di beberapa tempat pemutaran mandiri dan rumah budaya.

Rizki, mewakili Komite Kurator Film Komunitas Tikar Pandan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu perayaan bagi penonton untuk dapat menikmati film-film yang telah diakui banyak penonton dan juri festival dunia. “Harapannya bagi penonton, film-film yang diputar menambah wawasan referensi mereka tentang film, dan bagi sineas lokal, dapat menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi agar capaian sinematik para sineas lokal semakin berkembang”, ujar Rizki.

Jadwal Pemutaran Film

Jadwal Pemutaran Film (klik gambar untuk memperbesar)

Program ini bertempat di Episentrum Ulee Kareng dan berlangsung dari tanggal 18-21 April 2014. Program ini dibagi ke beberapa sesi berdasarkan temanya yaitu: “Film Panjang, Seni, dan Festival”; “Film Pendek Indonesia Mutakhir”; “Fokus pada Edwin dan Karyanya”; “Produser Perempuan Indonesia dan Karyanya”; dan “Sutradara Perempuan Indonesia dan Karyanya”.

Saban harinya juga akan ada diskusi film dengan beberapa para produser dan sutradara berbakat yang membuat film-film tersebut. Diskusinya bertema tentang “Film Seni” (oleh Anggun Priambodo); “Film Pendek dan Karya Edwin” (oleh Edwin); “Produser Perempuan Indonesia dan Karyanya” (oleh Meiske Taurisia); dan “Sutradara Perempuan Indonesia dan Karyanya” (oleh Mouly Surya)

Film yang diputar merupakan karya dari Edwin, Mouly Surya, Teddy Soeriaatmadja, Anggun Priambodo, Ladya Cheryl, Orizon Astonia, dan Aditya Ahmad.

Cuplikan dari Postcards from the Zoo

Cuplikan dari Postcards from the Zoo

Judul film yang akan diputar adalah: Lovely Man; Rocket Rain; Vulgar; Lewat Sepertiga Malam; Sepatu Baru; Someone’s Wife In The Boat Of Someone’s Husband; A Very Slow Breakfast; A Very Boring Conversation; Dajang Soembi, Perempuan Jang Dikawini Andjing; Kara, Anak Sebatang Pohon; Trip To The Wound; Hulahoop Soundings; Babi Buta Yang Ingin Terbang (Blind Pig Who Wants to Fly); Kebun Binatang (Postcards from the Zoo); Fiksi; Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta (What They Don’t Talk About When They Talk About Love).

Dimas, salah satu penikmat film di Banda Aceh berpendapat, “Acara ini merupakan acara yang jarang ada di Banda Aceh, selain karena film-film yang diputar merupakan film-film yang telah mendapat penghargaan, beberapa film ini tidak dapat dicari di pasar, maupun diunduh di internet.”

Acara ini merupakan kerja sama antara Komunitas Tikar Pandan, Yayasan Cipta Citra Indonesia, Cinesurya, Karuna Pictures, Aneuk Mulieng Publishing, Episentrum Ulee Kareng, Sekolah Menulis Dokarim, Kedai Buku Dokarim, Metamorfosa Institute, Epicentrum Entertainment, Komunitas Kanot Bu, Banda Aceh Membaca, LPM Perspektif Unsyiah, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Unsyiah, ruangrupa, IloveAceh, Banda Aceh Info, Aceh Women for Peace Foundation, Radio Flamboyant FM, dan Harvies Coffee House.

Bagi penikmat film di Aceh, dapat mendapatkan tiketnya di Harvies Coffee House (Tommy Harvie), Jl. Salam, No. 12, Lampriet. PIN BBM: 3248EFE3 atau HP: 085262467460.

Pertanyaan mengenai informasi program dapat menghubungi Putra (085262673007)

Alamat Episentrum Ulee Kareng: Jl. Tgk. Meunara VIII, No. 8. Garot. Aceh Besar (masuk melalui jalan depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh) []

Unduh sinopsis dalam bentuk PDF: Sinopsis

Unduh semua materi publikasi: Dokumen