Cara Unik Pemilihan Direktur UKM INKUBATOR Fakultas Ekonomi Unsyiah

Darussalam – Memasuki pergantian masa jabatan, UKM Inkubator Fakultas Ekonomi Unsyiah gelar acara debat kandidat pemilihan Direktur Inkubator Usahawan Muda Periode 2013-2014. Acara debat ini dilaksanakan pada Jum’at (15/11) pukul 14.00 hingga selesai di Rise Up Coffeehouse.

Acara yang berlangsung cukup apik ini dibuka langsung oleh bapak  Dr. Iskandarsyah Madjid, SE. MM., selaku pembina UKM Inkubator. Beliau menyampaikan beberapa pengharapan kedepannya bagi calon direktur yang terpilih nanti.

Sebelumnya, telah mucul nama-nama calon yang akan menjadi direktur UKM Inkubator yaitu Taufan Adistya, Hendra Halim, Said Di, dan Marzuki. Keempat calon tersebut memiliki latar belakang yang cukup baik dalam organisasi, khususnya di Inkubator.

Berbagai bisnis dan program dipaparkan oleh para calon direktur baru tersebut. Mulai dari Marzuki yang mengajukan bisnis printing dan juga memberikan beberapa program pembaharuan seperti Inkubator Holiday dan pengajian bagi anggota Inkubator. Calon kedua yang menunjukkan kemampuannya adalah Hendra Halim atau lebih dikenal dengan Ahong, pemilik Ahong Translate ini sukses mengocok perut para peserta dan hadirin yang datang. Visi misi yang ia ajukan adalah merealisasikan visi misi Inkubator itu sendiri, yaitu membentuk usahawan sejati. Dalam waktu yang diberikan selama 5 menit tersebut, ia juga mempaparkan program jangka pendek dan jangka panjang, seperti membentuk PUJI (Pusat Jajanan Inkubator) dan CV Inkubator yang bergerak dibidang event organizer. Dilanjutkan dengan calon yang ketiga yaitu Taufan Adistya. Pemuda yang telah lama bergabung di UKM Inkubator ini dengan singkat jelas padat mengutarakan programnya yang lebih mengandalkan kualitas bukanlah kuantitas untuk mencetak pengusaha muda yang berkompeten di bidangnya. Dan calon yang terakhir yaitu Said Di, yang mengandalkan bisnis donat kentang sebagai penopang kas Inkubator kedepannya.

Setelah paparan bisnis, visi misi,  serta program kerja, dimulailah acara debat antar kandidat. Pertanyaan pertama yang datang dari panelis “Mengapa Anda ingin menjadi Direktur Inkubator ?” Pertanyaan sederhana ini cukup menstimulasi kondisi perdebatan antar kandidat yang kembali memanas dengan jawaban yang berbeda-beda. Debat kandidat ini pun berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Kali ini UKM Inkubator mengadakan voting yang cukup unik untuk pemilihan direkturnya, yaitu dengan cara melihat viewers dan like terbanyak bagi video kandidat yang akan dipostingkan di akun FanPage Facebook serta Youtube Official UKM Inkubator. Voting ini akan dilaksanakan selama seminggu dimulai dari hari senin (18/11). Tidak hanya mengandalkan voting tersebut, panitia juga mengadakan peran presidium yang cukup penting untuk menetapkan siapa direktur selanjutnya dengan agenda tambahan, rapat presidium. (MIA)