Hebohnya PJTD 2013!

Darussalam – Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Perspektif Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) tahun 2013. Pelatihan ini diikuti oleh 16 mahasiswa dari berbagai program studi Fakultas Ekonomi Unsyiah ini  bertempat di Taman Rusa Desa Lamtanjong, Sibreh, Aceh Besar selama 29 -30 November 2013.

1453228_520982241332210_1617030793_n

Para peserta PJTD berfoto bersama Fahmi Yunus, salah satu senior Perspektif.

PJTD ini merupakan rangkaian agenda tahunan UKM LPM Perspektif dalam proses regenerasi penerus organisasi fakultas ini sendiri sekaligus ajang silaturrahmi antara anggota Perspektif. Didalam pelatihan ini, para peserta diberikan berbagai materi dan game yang berkaitan dengan dunia jurnalisme, seperti fotografi, menulis, design grafis, dan lainnya yang dapat membentuk karakter mahasiswa sebagai jurnalis kampus.

Ketua panitia, Arsika Adidaya, mengatakan, “Acara ini bertujuan untuk melatih para peserta pelatihan yang juga calon anggota UKM LPM Perspektif Unsyiah untuk mengetahui seluk-beluk dunia jurnalistik. Karena hal ini pun akan menjadi bekal mereka kedepan untuk menjadi seorang jurnalis kampus yang baik.”

Sebelum keberangkatan ke lokasi pelatihan, semua peserta dan panitia PJTD terlebih dahulu mendapatkan pembekalan sekaligus acara pelepasan di halaman kampus Fakultas Ekonomi Unsyiah oleh Pembantu Dekan III bagian Kemahasiswaan, Nasrillah Anis, SE, MM. Dalam kata sambutannya, beliau mengatakan bahwa pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan wawasan mahasiswa khususnya dalam bidang jurnalistik dan semoga kelak UKM LPM Perspektif ini dapat terus berdiri sebagai lembaga pers kampus dan juga berprestasi sehingga bisa mengharumkan nama Fakultas Ekonomi Unsyiah ini.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut diantaranya adalah teknik fotografi oleh Nailul Kharisma. Pada sesi ini, para peserta tidak hanya diajarkan teorinya saja, tetapi juga melakukan praktek langsung di sekitaran Taman Rusa.

Kemudian pada sesi materi selanjutnya dilakukan oleh Fahmi Yunus, salah satu senior Perspektif. Beliau memaparkan tentang bagaimana manajemen pers yang baik kepada para peserta pelatihan jurnalistik. Pada akhir sesi ini, semua peserta pelatihan diminta untuk melakukan sebuah simulasi bagaimana cara bekerja didalam manajemen pers kampus seperti UKM LPM Perspektif ini sendiri. Antusiasnya para peserta pelatihan pun tak luput mendapat pujian dari kedua pemateri yang mengaku kagum atas semangat dan kerja kerasnya para peserta pelatihan yang mengikuti rangkaian acara tersebut.

Adapun kegiatan pelatihan jurnalistik ini terlaksana atas kerja sama UKM LPM Perpektif dengan Taman Rusa Sibreh, Aceh Besar. (Fauzan)