HIMAKA Unsyiah Gelar Simulasi Audit Keuangan APBA

Banda Aceh – Banyaknya praktek kecurangan dalam pengelolaan APBD di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, membuat kerugian yang besar bagi Indonesia. Di Aceh pada tahun 2013  Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh, menemukan penyimpangan pada Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2013 sebesar Rp1 triliun lebih. Dari temuan diatas, sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui wawasan yang mendalam terkait APBA untuk menambah  ilmu. Oleh karena itu mengingat pentingnya pemahaman edukasi terhadap pengawasan dan pemeriksaan penggunaan anggaran, Himpunan Mahasiswa Akuntansi bekerjasama (HIMAKA) dengan BPK RI perwakilan Aceh melaksanakan Simulasi Audit Keuangan APBA.

Merri Yanti, S.E., M.Ec. Dev., Ak., CFE & Arif Julianto, S.ST sedang memaparkan materi Simulasi AuditAdapun tujuan dari kegiatan simulasi audit adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta simulasi dalam mengaplikasikan audit keuangan APBD serta menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas, jujur, cermat dan kritis sebagai bekal pemenuhan kompetisi kerja. Kegiatan ini berlangsung di Balai Sidang Fakultas Ekonomi Unsyiah pada Selasa (14/10/2014). Untuk pemateri acara, HIMAKA Unsyiah mengundang BPK perwakilan Aceh yang diwakili oleh Meri Yanti dan Arief Julianto.

Simulasi audit ini terdiri atas dua sesi. Pada sesi pertama, peserta simulasi terlebih dahulu diberikan pemahaman secara teori oleh pemateri. kemudian pada sesi selanjutnya, peserta diajak untuk melakukan simulasi audit keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

Suasana PPLSimulasi Audit yang diikuti oleh 80 peserta ini diakhiri dengan penyerahan piagam kepada peserta terbaik oleh panitia acara. Dari kelompok putra, Fahmi Ridha Zain, mahasiswa Fakultas Hukum Unyiah, terpilih sebagai peserta terbaik. sedangkan dari kelompok putri, peserta terbaik yang terpilih adalah Erna Safriana, mahasiswi Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang dilaksanakan oleh HIMAKA unsyiah dalam pelaksanaan Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) XVII. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini dilaksanakan mulai 13-18 Oktober 2014 di Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Dalam penyelenggaran Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) XVII, HIMAKA unsyiah bekerja sama dengan Dinas Keuangan Provinsi Aceh, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Bank Aceh, KAP Rizal Yahya Registered Public Accountant, Hadrah Wedding Organizer, Super Bimbel GSC, 94.5 Three FM Banda Aceh, DJ Gallery Digital Printing, LPM Perspektif, @ILoveAceh, The Globe Journal, dan Palang Merah Indonesia. []