Lapor Pajak, E-Filing Saja

 

Lapor Pajak, E-Filing Saja (Foto: Istimewa)

Darussalam – Saat ini, salah satu wujud nyata keikut sertaan masyarakat dalam pembangunan bangsa adalah dengan membayar pajak. Sebelum tanggal 31 Maret, masyarakat khususnya orang pribadi yang sudah berpenghasilan dan terdaftar sebagai wajib pajak sudah harus melaporkan penghasilan melalui Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. Untuk memudahkan pembayaran SPT tahunan, Direktorat Jenderal Pajak menciptakan sebuah inovasi baru yaitu E-Filing. Berangkat dari hal tersebut, relawan pajak prodi D-III perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala mengadakan program asistensi E-Filing. Kegiatan ini berlangsung di TC FEB Unsyiah mulai tanggal 28 hingga 29 Maret 2018.

“Kita punya Tax Centre, dengan adanya kegiatan ini saya berharap agar kedepannya Tax Centre ini bisa berfungsi lebih baik lagi,” ucap Dr Nuraini A, SE., M.Si.Ak selaku ketua prodi D-III perpajakan saat membuka acara.

Lapor Pajak, E-Fiiling Saja (Foto: Istimewa)

E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP). Dengan e-filing, pelaporan SPT bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Acara juga turut mengundang Kanwil DJP Aceh. Dalam pembukaan acara mereka menyampaikan bahwa 75% APBN tergantung pada pajak. Jadi kita harus meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Setelah acara pembukaan, dekan FEB, dan beberapa dosen lainnya turut ambil posisi untuk mendaftar E-Filing. Target awal relawan pajak ialah ingin membantu dan mendampingi dosen FEB dalam penyampaian SPT tahunan WP OP. Hal ini pula disambut hangat oleh civitas akademika FEB sehingga pada hari pembukaan acara terlihat para dosen dan staf berdatangan guna melaporkan penghasilan mereka diakhir tahun.

Orang Bijak Taat Pajak. (Mev)