LDF Al-Mizan FEB Unsyiah, Sukses Selenggarakan Workshop Public Speaking

Foto Bersama dengan Pemateri dan Peserta (Abi)

Darussalam– LDF Al-Mizan sukses menggelar Kegiatan Workshop Public Speaking bertemakan “Dare to Speak” pada hari Sabtu (9/3) lalu. Workhsop tersebut diadakan di balai sidang sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIIB.

Pada kegiatan ini, LDF Al-Mizan mengundang Muhammad Hamzah S,Kg yang merupakan mantan Ketua BEM Unsyiah 2015 dan The Leader sebagai pemateri.
Sesi pertama kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Muhammad Hamzah S,Kg. Kapasitas beliau sebagai mantan ketua BEM Unsyiah 2015 membuatnya tak diragukan lagi sebagai seorang public speaker handal.

Beragam prestasi dari tingkat Universitas hingga Nasional yang pernah ditorehkannya juga menjadi faktor lain antusiasme peserta kegiatan tersebut mendengar paparan materinya.

Beliau juga menerangkan materi tentang teknik-teknik dasar dalam berbicara di depan umum, sehingga nantinya para peserta diharapkan mampu menerapkan hal-hal dasar tersebut ketika mendapat kesempatan berbicara dalam ruang publik.
Selanjutnya pada sesi kedua, merupakan giliran The Leader menunjukkan aksi dalam mengolah diri peserta untuk berani berbicara di depan umum. Mereka merupakan organisasi kepemudaan yang aktif dalam memberikan edukasi di lingkungan kepemudaan Aceh.

Anggota The Leader sendiri adalah pemuda-pemuda yang telah malang melintang di kancah nasional maupun internasional untuk mengharumkan nama Aceh.
Dalam sesi ini, peserta “dipaksa” untuk berbicara di depan banyak orang serta membawakan materi yang sudah ditentukan. Sebelumnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian setiap kelompok itu dipimpin oleh seorang mentor dari tim The Leader.

Dalam waktu sekitar 15 Menit, peserta diberikan kesempatan untuk menyusun tulisan yang akan dibicarakan. Selanjutnya, mereka diwajibkan untuk berbicara seputar tulisan yang telah mereka susun sebelumnya di depan kelompok mereka.

Para peserta yang mengikuti kegiatan di sesi ini merasa tertantang karena diwajibkan untuk berbicara di depan banyak orang dengan waktu persiapan yang relatif sedikit.

Al-Hilal Akbar, selaku ketua panitia kegiatan ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Sebenarnya, kegiatan pelatihan Public Speaking ini merupakan proker baru dari Divisi PSDM LDF Al-Mizan. Sehingga kita patut bersyukur dapat melaksanakannya dengan sukses di penyelenggaraan tahun pertama.” imbuhnya. (Abi)