Mantan Gubernur Aceh ‘Wo U’ Kampus Ekonomi

P-Syam

Foto Bersama (Dokumentasi: fe.unsyiah.ac.id)

Darussalam | Mantan Gubernur Aceh Periode 1993-2003 Prof. Dr. Syamsuddin Mahmud menjenguk kampus Fekon Unsyiah pada Rabu 16 April silam. Syamsuddin yang kebetulan adalah salah seorang Guru Besar dan sekaligus mantan Dekan Fekon Unsyiah ini menyempatkan diri bersilaturahim dengan junior dan anak-anak didiknya sekaligus memberi semangat dan ucapan selamat atas keberhasilan Prodi Studi Pembangunan dalam mempertahankan Akreditas A dari BAN PT. Di usianya yang ke 80, Prof. Syamsuddin masih tampak bugar, energik dan penuh humor layaknya mengajar di kelas pada masa mudanya dulu.

Dalam sambutannya, mantan Gubernur Aceh ke-14 ini berpesan bahwa tugas dan tanggung-jawab Fakultas Ekonomi ke depan akan lebih berat lagi mengingat kondisi persaingan antar perguruan tinggi di Indonesia maupun di dunia. “Mempertahankan prestasi lebih sulit dari meraihnya. Untuk itu, Fakultas Ekonomi harus mampu mengadakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun dengan pemerintah daerah,” ujar pengarang Buku Ekonomi Moneter yang bukunya banyak dijadikan rujukan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Pak Syam- panggilannya – mengkisahkan sejarah kenapa Fekon Unsyiah dapat dikatakan sebagai kampus ekonomi terbaik di luar Pulau Jawa karena peran serta aktifnya dalam pembangunan daerah dan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UI dan UGM. “Kalau bisa kita aktifkan kembali forum-forum diskusi ekonomi untuk memberi masukan kepada pemerintah daerah,” tambahnya.

Dekan Fekon Unsyiah Dr. Mirza Tabrani, MBA menyambut baik gagasan Prof. Syamsuddin dan berterima kasih atas kesempatannya untuk hadir dan memberi motivasi kepada civitas academica Fekon Unsyiah. “Saat ini Fakultas Ekonomi sedang merehab dan mempersiapkan infrastuktur yang memadai untuk Lab, Prodi Ekonomi Islam, dan Perpustakaan Fakultas, jelas alumni UKM, Malaysia ini mantap. [fe.unsyiah.ac.id]