Peluncuran Komik Mitigasi Bencana Untuk Remaja “Sadar Dini”

Sadar Dini

Banda Aceh – Komunitas Tikar Pandan bekerjasama dengan Japan Foundation akan menggelar acara diskusi dan peluncuran komik mitigasi bencana untuk remaja.

Proses penulisan komik ini melibatkan siswa dari tiga sekolah di daerah bencana di Aceh. Mereka adalah korban tsunami, tanah longsor, dan gempa bumi. Mereka berbagi pengalaman dan nilai-nilai dari mitigasi mereka dalam bentuk komik.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari workshop yang melibatkan wartawan mitigasi bencana dari Jepang, Yuka Matsumoto. Yuka juga berbagi informasi mengenai mitigasi bencana di Jepang. Chun seorang mahasiswa yang menjadi korban dari bencana tsunami Fukushima dikirim komik bekerja untuk memotivasi dan menginspirasi anak-anak di Aceh.
Yulfan, sebagai koordinator acara, menyebutkan bahwa komik ini digambarkan sebagai media serta sumber pengetahuan untuk berbagi pengalaman bagi orang lain. Dalam program ini juga melibatkan beberapa seniman lokal, ahli bencana, dan lembaga pemerintah. Hasil akhir dari program ini adalah buku komik oleh anak-anak/korban bencana yang berisi pengalaman dan pengetahuan mitigasi versi mereka.
Acara diskusi dan peluncuran ini akan berlangsung pada Sabtu 21 Maret 2015 pukul 16.00-18.00 di Komunitas Tikar Pandan, Jl. Tgk. Menara VIII, No. 8, Garot, Aceh Besar (depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Putra: 0852 6267 3007.