Pembukaan PIM VI HIMMAT Tepat Target, Panitia Langsungkan Lomba

IMG_20150216_092951

Para undangan yang hadir sedang menyaksikan penampilan tari ranup pada pembukaan PIM VI di Auditorium Baru FKIP Unsyiah (Foto: Dok. HIMMAT)

Darussalam – Pukulan rapa’i sebanyak enam kali terdengar tepat pada pukul 10.00 WIB di Auditorium Baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan lantai 3, menandakan resmi dibukanya Pekan Ilmiah Matematika ke VI (PIM VI) oleh Pembantu Rektor III, Alfiansyah Yulianur (16/02). Acara yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAT) ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Februari 2015. Hal ini tepat target, pasalnya Pembantu Rektor III Unsyiah, Alfiansyah Yulianur memenuhi undangan panitia sebagai pembuka acara.

Sebelum memukul rapa’i, Alfiansyah menegaskan agar kegiatan-kegiatan yang berada di luar proses belajar mengajar dari ketetapan Unsyiah tersebut, mampu membentuk akhlakul karimah bagi mahasiswa, khususnya yang terlibat dalam kegiatan.

“Melihat di sini yang dominannya Islam, maka dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, kita harapkan adanya pembentukan sederhana dalam hal akhlakul karimah bagi mahasiswa. Sehingga, nantinya Unsyiah mampu melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki karakter muslim sejati yang cerdas”, tuturnya sambil tersenyum kepada dua ratusan peserta dalam ruangan ber-AC tersebut di akhir kata sambutannya.

Rifki selaku ketua panitia pelaksana melaporkan bahwa menyusul kesuksesan PIM V di tahun 2013 lalu, selain untuk menyediakan wadah kompetisi bagi pelajar dan mahasiswa khususnya Provinsi Aceh. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menginvetarisasi pelajar dan mahasiswa Aceh yang berbakat dan berprestasi untuk mengikuti kegiatan pada event yang lebih tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional, juga mampu meningkatkan daya tarik bidang ilmu matematika yang sering ditakuti dikalangan pelajar dan mahasiswa Aceh.

Lanjut kata sambutan dari Khaira Riezqa,  ketua umum HIMMAT tersebut merespon semangat antusiasnya terhadap kepedulian dan dukungan penuh dari pihak dekanat dan rektorat.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Suryawati juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mengasah dan mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mampu melatih mahasiswa untuk lebih kreatif dan produktif.

Sehubungan dengan kegiatan itu, pihak dekanat, Djufri selaku dekan FKIP yang didampingi oleh pembantu dekan III, Wildan saat itu juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang mengusung tema “Break the Limits, Start with a Dreams, end with Success”.

“Kami bangga betul dengan kegiatan-kegiatan seperti ini yang sudah mengharumkan nama FKIP ke publik untuk membangun matematika agar dapat terus berkembang di FKIP dan di Aceh”, imbuh Djufri dalam kata sambutannya selepas Suryawati.

Penampilan tari ranup terlihat anggun saat menyambut para tamu undangan, lalu dilanjutkan persembahan lagu Indonesia Jaya dan Symphoni yang indah oleh paduan suara dan pembukaan formal diakhiri dengan pembacaan do’a. Acara dilanjutkan dengan kegiatan pertama pada PIM VI yaitu Seminar Nasional yang bertema, ”Peningkatan profesionalitas pendidik Matematika dalam menghadapi MEA 2015” oleh keynote speaker Ahmad Fauzan yang berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Pekan Ilmiah Matematika ke VI ini akan berlangsung selama seminggu kedepan dengan beragam perlombaan, yaitu Olimpiade Matematika pada tanggal 17 Februari, Cerdas Cermat Matematika pada tanggal 18-19 Februari, Singing and Dancing Competition pada tanggal 18 Februari, SkecthMath Competition pada tanggal 19 Februari, Rangking 1 pada tanggal 20 Februari, Lomba berhitung Cepat pada tanggal 21 Februari dan Closing Ceremony pada tanggal 23 Februari dan juga di meriahkan oleh pameran EXPO yang menyediakan bazaar buku, makanan/minuman, aksesoris/pakaian dan stand lainnya.

Acara ini disponsori oleh Direktorat Jenderal Pajak, Serambi Indonesia, Bank BNI, Radio Rumoh PMI 107 FM, Ayam Penyet Pak Ulis, Suara Komunikasi, Bimbingan Belajar A Plus, DETaK Unsyiah, LPM Perspektif FE Unsyiah, dan Dinas Pendidikan. []