Prof. Mohammad Yusoff: Membangun Melalui IMC

kuliah-tamu-520x265Banda Aceh | Associate Professor Mohammad Md Yusoff dari Univeristas Sains Malaysia (USM) pada Jumat (14/2) lalu mengatakan bahwa sebuah negara, daerah ataupun organisasi sangat membutuhkan pencitraan (image). Image akan  menimbulkan kepercayaan konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk atau datang ke suatu negara. Konsep pencitraan yang komperhensif dewasa ini disebut dengan Integrated Marketing Communication (IMC).

“Pertama kali sampai di Aceh, saya nak tahu apa yang hebat tentang Aceh, saya tak jumpa-i apapun di Bandara,” ucapnya mengawali Kuliah Umum pada Program Studi (Prodi) Manajemen di Balai Sidang FE Unsyiah. “Saya hanya tahu Aceh tentang tsunami, lebih dari itu saya tak tahulah,” lanjutnya lagi. Jebolan Michigan State University, A.S. ini lebih jauh mengungkapkan bahwa keberhasilan Malaysia didasarkan pada komunikasi yang efektif, “Malaysia as a truly Asia”.

“Aceh membutuhkan pencitraan untuk dapat maju, misalnya menjadi pusat studi ekonomi dan bisnis syariah, karena orang Aceh katanya alim-alim,” ujarnya. “Untuk itu dibutuhkan kepemimpinan yang kuat dan komit dalam mewujudkan image tersebut. Tanpa kemepimpinan yang kuat, tidak akan berhasil,” tambahnya lagi.

Ketua Prodi Ahmad Nizam, SE, MM mengatakan bahwa kegiatan kuliah tamu ini merupakan agenda tetap yang dilakukan Prodi. “Kita diwajibkan melakukan kegiatan seperti ini empat kali dalam setahun,” ujarnya. “Event seperti ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan keilmuan sekaligus mempererat silaturahmi civitas academica FEkon khususnya warga manajemen,” tambah mahasiswa program doktor di USM ini semangat. “Persahabatan tanpa penghianatan,” katanya ketika menutup acara ini. [ ]