Workshop Metodologi Penelitian oleh Prof.Dr. Eddy R Rasyid, MCom(Hons)

IMG_5877

Darussalam | Lagi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unsyiah mengadakan workshop bagi dosen dan mahasiswa Akuntansi. Berbeda dengan sebelumya yang mengangkat mengenai penulisan artikel ilmiah, workshop Program Studi Akuntansi  kali ini mengangkat tema mengenai “Metodologi Penelitian Kualitatif” yang disampaikan oleh Prof.Dr. Eddy R Rasyid, MCom(Hons) dosen dari Universitas Andalas.

Acara ini dibuka langsung oleh Pembantu Dekan I FE Unsyiah, Dr. Aliasuddin, M.Si. Beliau mengharapkan bahwa dengan adanya workshop ini publikasi jurnal dosen naik dan akreditasi juga naik, hal ini dikarenakan 40% dalam komponen penilaian akreditasi adalah penelitian.  Acara yang dilaksanakan dalam 1 hari penuh di Aula PDPK Fakultas Ekonomi, yaitu dari pukul 08.00-17.00 WIB dan dihadiri oleh 92 orang terdiri dari dosen Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, serta mahasiswa S1 dan  S2 Akuntansi Universitas Syiah Kuala.

Workshop penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan staf mengajar dalam melakukan penelitian, diharapkan pada tahun 2015 banyak proposal yang lolos dari tingkat regional menjadi nasional, internasional dan sebagainya. Hal ini juga untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi dan juga dalam rangka mempercepat akreditasi Program Studi  Akuntansi menjadi A.” Ujar Dr. Nadirsyah,SE., M.Si., Ak, Ketua Program Studi Akuntansi.

Prof.Dr. Eddy R Rasyid, MCom(Hons) menyampaikan bahwa,” Sebelum melakukan penelitian kualitatif maka peneliti harus tahu memposisikan diri nya terhadap penelitian kualitatif. Karena penelitian kualitatif terbagi 2, yaitu become a tourist or traveler? Apabila tourist maka peneliti turun ke lapangan dengan tujuan mengklarifikasi apa yang sudah direncanakan dan difikirkan terhadap fenomena real. Apabila traveler, maka peneliti turun ke lapangan dan melaporkan apa yang narasumber katakan karena traveler tidak merencanakan sebelumnya. Yang membedakan keduanya adalah dasar-dasar filosofi yang dipakai.”

Selama acara berlangsung, terlihat begitu antusias nya peserta terhadap materi yang disampaikan karena materi tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan kapabilitas dosen itu sendiri dan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa. Dalam bulan Juni nanti, Program Studi Akuntansi masih akan menyelenggarakan beberapa workshop. [Perspektif]