Deretan Website Mempermudah Referensi Skripsi

 

Untuk dapat menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1) mahasiswa biasanya diminta untuk membuat sebuah karya tulis yang disebut skripsi. Membuat skripsi tentu bukanlah hal yang mudah. Perlu berbagai tahapan mulai dari penelitian hingga mencari sumber referensi untuk menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah yang berkualitas dan diterima dengan baik.

Namun, kini mahasiswa tidak perlu lagi bersusah-payah karena di zaman yang unggul akan teknologi ini, sudah banyak dijumpai websitewebsite legal yang menyediakan bahan bacaan skripsi yang lengkap.

Berikut 5 Website yang dapat dikunjungi saat kalian mempersiapkan skripsi :

  1. Google Scholar

Website yang merupakan produk langsung dari Google ini adalah salah satu yang paling sering digunakan. Memuat berbagai jurnal nasional bahkan internasional yang bisa diakses secara gratis. Pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci yang tepat dan memeriksanya apakah sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Selain aplikasi Perpusnas yang menyediakan buku-buku gratis, Perpusnas juga tersedia dalam bentuk website yang menyediakan jurnal-jurnal penelitian dan dapat diakses gratis hanya dengan mendaftar sebagai anggota.

  1. Science Direct

Website ini banyak memuat jurnal internasional yang bersifat Open Access (OA), di website ini, pengguna dipermudah dengan adanya fitur domain dan subdomain yang mempersempit pencarian sehingga pengguna bisa lebih cepat dalam mengaksesnya. Tulisan dalam website ini bisa diakses langsung dari laman web, maupun dibuka dalam bentuk pdf dan dapat di download.

  1. Academia

Selain banyak memuat tentang penelitian terdahulu, Academia juga memiliki sistem layanan yang mirip dengan sosial media sehingga memudahkan para mahasiswa dalam memberikan komentar serta kritik didalamnya.

  1. Microsoft Academic

Microsoft Academic merupakan website yang menyediakan referensi penelitian yang lebih spesifik. Tidak berhenti di situ saja, Microsoft Academic juga memberikan layanan lebih bagi penggunanya melalui beragam informasi terkait jadwal call for paper dari sejumlah konferensi atau seminar terkenal.

Masih banyak lagi website yang dapat digunakan mahasiswa dalam menjadi bahan referensi agar memudahkan dalam membuat skripsi. Namun, perlu diingat bahwa setiap website memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta memiliki cara akses yang berbeda pula. Gunakanlah website yang anda pahami agar tidak mempersulit anda dalam menggunakannya.

(Perspektif/Dinda, Maya)