MECC: Wadah Nyata Perkembangan E-Sport di Kampus Kuning

 

Darussalam – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) menyelenggarakan sebuah ajang perlombaan e-sport tingkat fakultas dengan nama “Mobile Legend Economic Competition,” acara yang berlangsung mulai tanggal 22 – 29 Mei 2022 tersebut dilaksanakan di Aula FEB USK dan dilanjutkan di Sportivo Baeit dan Double Y Coffee pada hari terakhir acara.

Mobile Legend Economic Competition, atau disingkat dengan MECC, merupakan sebuah turnamen e-sport yang diikuti mahasiswa USK melalui permainan Mobile Legends. Acara ini sendiri merupakan salah satu program kerja dari departemen kesejahteraan mahasiswa BEM FEB USK. Selain diikuti oleh organisasi mahasiswa (ormawa) di kampus kuning, acara ini juga diikuti oleh ormawa di luar seperti BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (Himailta), Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Himapan), Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (Himika), Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS), Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP), serta  ormawa-ormawa lainnya.

Setelah sekitar 45 hari melakukan persiapan, acara MECC yang diadakan oleh Kabinet Taracita ini berhasil dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bakat para pemain e-sport di kampus USK. Menurut Muhammad Irsyaad Dhiyaulhaq selaku ketua panitia MECC, inspirasi dari pelaksanaan acara ini berasal dari berkembangnya teknologi dan e-sport di Indonesia yang akhir-akhir ini sudah mencapai tingkat SEA Games.

Pada penyelenggaraannya, acara ini dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Pada fase permulaan acara, seluruh regu lomba menghadapi babak-babak klaseman, di mana akan menentukan 12 tim yang akan bermain di sesi permainan playoff. Kemudian, pada hari terakhir acara (29 Mei 2022), empat tim yang lolos dari babak playoff akan bertanding melalui babak final dan sisa dua tim yang lolos dari babak tersebut akan bermain di babak grand final. Menurut hasil perlombaan, dua tim yang lolos ke babak grand final antara lain tim Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB 2019 (Himadipa FEB’19) dan tim 5 Killers dari Himapan.

Setelah bertanding sengit selama satu minggu, kejuaraan atas lomba e-sport pada acara MECC pun diumumkan secara seremonial pada malam hari Minggu (29/4) di Double Y Coffee. Akhirnya, berdasarkan hasil keputusan perlombaan, juara 1 MECC berhasil diraih oleh tim Himadipa FEB’19, sementara juara 2 berhasil diraih oleh tim 5 Killers dari Himapan, dan juara 3 berhasil diraih oleh tim REXP dari HMTP. Di samping itu juga, untuk kategori kejuaraan Most Valuable Player (MVP) berhasil diraih oleh Fahrevi Muhammad dari tim Himadipa FEB’19. Maka dari itu, dengan diumumkan para pemenang dan MVP MECC, acara MECC pun sukses dilaksanakan.

“Harapannya, para pemain memiliki sarana dalam menyalurkan hobinya serta [mampu] mengembangkan kemampuannya dalam bidang e-sport, sehingga mereka memiliki tujuan ke jenjang karir, bukan hanya menghabiskan waktu untuk bermain game tanpa tujuan yang jelas,” tutur Muhammad Irsyaad Dhiyaulhaq sebagai ketua panitia MECC.

(Perspektif/ Hayyun, Raiyan, & Syifani)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.