Membaca Buku Itu Membosankan? Tidak Lagi Jika Kamu Tahu Tips Ini!

Cover by team Grafis/Perspektif

Darussalam – “Buku adalah jendela dunia. Buku adalah gedung ilmu” Begitulah pepatah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Buku merupakan sumber informasi, berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik maupun aspek-aspek kehidupan lainnya dapat kita temukan di dalam buku. Dan juga, membaca disebut sebagai “a change of life”.

Artinya membaca dapat mengubah pola pikir dan wawasan seseorang. Tentu banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca buku, diantaranya seperti mempertajam gagasan, meningkatkan kecerdasan, mengurangi stres, meningkatkan kualitas memori, meningkatkan hubungan sosial, meningkatkan konsentrasi dan dapat menstimulasi mental.

Sayangnya, masih banyak yang mengeluh bahwa membaca itu membosankan, sulit fokus saat baca, hingga sering merasakan kantuk.

Sebenarnya, merasa jenuh ataupun mengantuk akibat membaca adalah sesuatu yang wajar. Sebagian besar buku memiliki latar belakang putih dengan tulisan hitam. Warna yang kontras ini membuat mata sulit untuk merespon.

Kondisi tubuh yang lelah dan pencahayaan yang kurang juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk saat membaca buku. Lalu bagaimana caranya agar tidak mudah bosan atau mengantuk saat membaca buku?

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar kegiatan membaca tidak menjadi suatu hal yang membosankan berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

  1. Pilih Waktu Membaca yang Tepat

Membaca memang paling tepat dilakukan ketika tubuh dan pikiran dalam keadaan segar dan siap untuk berpikir. Pagi hingga sore hari merupakan waktu yang paling tepat untuk membaca. Sedangkan, membaca pada saat malam sebelum tidur justru akan membuat kita mengantuk, karena tubuh sudah dalam keadaan lelah sehingga otak akan memerintahkan mata untuk beristirahat.

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Suasana yang nyaman akan membuat kegiatan membaca jauh lebih menyenangkan. Carilah suasana yang tenang seperti kamar ataupun perpustakaan. Pencahayaan juga memegang peranan penting, cahaya yang digunakan untuk membaca harus pas, tidak kurang dan tidak lebih. Kurang cahaya dapat membuat mata bekerja lebih keras, sedangkan cahaya yang berlebih akan menyebabkan mata menjadi silau. Kondisi ini dapat membuat mata menjadi mudah lelah, bahkan dapat merusak kesehatan mata.

  1. Memberikan Jeda Waktu

Daripada berfokus pada membaca habis sekaligus dalam waktu yang panjang, cobalah beri jeda waktu sejenak, dengan kamu memberi jeda dalam kegiatan membaca, kamu sebetulnya sedang mengevaluasi atas apa yang telah kamu baca, proses pemahaman kamu pun akan menjadi lebih efektif dan juga di saat jeda, kamu bisa mencari tahu istilah yang mungkin terdengar asing dari apa yang kamu baca.

  1. Menentukan Tujuan Membaca Buku Demi Mendapatkan Hasil yang Optimal

Tentunya seorang pembaca yang baik ialah mereka yang membaca buku dengan tujuan dan maksud tertentu agar tercapai apa yang diinginkan. Karena, jika seorang pembaca buku tidak tahu tujuan membaca, maka sama saja seperti seorang pengembara yang tak tahu arah.

  1. Memahami Gambaran Besar Isi Buku

Sebelum kita tenggelam dalam membaca, hal yang penting untuk kita lakukan terlebih dahulu ialah mengetahui seluruh gambaran buku tersebut agar nantinya kita dapat berkosentrasi dalam membaca sehingga kita tenggelam dalam nikmatnya membaca buku.

  1. Menjadi Pembaca yang Aktif

Beberapa pembaca buku terlalu buru-buru dalam membaca, sehingga mereka tak menemukan jawaban yang terlintas di pikiran pada saat ingin mulai membaca buku. Oleh sebab itu, haruslah kita menjadi seorang pembaca yang aktif dengan berdialog pada buku tersebut, sehingga kita akan menemukan jawaban yang kita pertanyakan.

  1. Tandai Hal-hal Penting yang Telah Dibaca

Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan dalam membaca buku. Karena setalah kita membaca buku, terkadang kita ingin mengulas kembali inti dari bacaan kita dengan menandai poin-poin penting di dalam buku tersebut. Sehingga nantinya hal ini akan mempermudah kita untuk mendapatkan intisari dari bacaan kita.

Itulah beberapa tips yang seharusnya kita lakukan ketika hendak membaca buku. Dengan banyak membaca, maka dapatlah kita berbincang dengan tokoh-tokoh dunia melalui sekumpulan tulisan di setiap lembaran buku. Dan hal yang harus diketahui kaum muda sekarang ialah bahwasanya para founding fathers kita, mereka selalu senantiasa membaca buku dengan disiplin.

Hal itu yang mempu membuat mereka begitu hebat dengan segala wawasan dan pengalaman mereka. Tidak ada orang hebat di dunia ini yang hidupnya jauh dari buku, dan buku adalah teknologi tercanggih yang pernah ditemukan oleh manusia.

“Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.” – BUYA HAMKA (Salsa & Yodi/Perspektif)