Photo by : Vannamrgn

Darussalam – UKM PA-LH Metalik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah kembali menyelenggarakan Metalik Mountaineering Rally (Memory) ke-IV setelah sebelumnya mereka juga pernah mengadakannya di tahun 2009 lalu. Kegiatan kali ini berlokasi di Sabang, dimulai dari Sabang Fair hingga berakhir di Kilometer Nol pada 8-11 November 2019.

Memory merupakan sebuah kegiatan lomba wisata alam bebas berskala nasional yang melibatkan peserta dari seluruh Indonesia. Perlombaan ini berfokus pada ketepatan waktu, kecepatan waktu, pengetahuan umum, pengetahuan lingkungan hidup, kedisiplinan, keterampilan, kebersihan dan kekompakan tim dalam menempuh rute-rute yang telah ditentukan oleh panita dimana di dalamnya terdapat beberapa pos serta rintangan yang harus dilalui.

Ketua Umum  UKM PA-LH Metalik, Rizky Maulana, Rabu (13/11/2019) menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini agar dapat menunjang pariwisata, kemudian menunjang ekonomi sekitar dan mengenalkan objek-objek wisata di Sabang.

Ia juga menambahkan “Kegiatan ini harapnya dapat mengundang orang banyak dari seluruh indonesia, mereka dapat melihat keindahan alam di tanah Aceh serta menggerakkan para pemuda agar cinta akan lingkungan dan tidak terpaku hanya dengan gadget dan kuliah saja” ujarnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” yang bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 november. Kegiatan ini didukung oleh berbagai macam instasi baik dari pemerintah maupun swasta.

Perlombaan ini memperebutkan tujuh piala yang terdiri atas juara I, II, III, serta harapan I, II, III dan juga juara favorit dengan total hadiah Rp. 20 juta

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai tim dari seluruh indonesia, tim yang tercatat mengikuti kegiatan ini berjumlah 29 tim dimana masing-masing tim terdiri atas 3 orang.

Hingga pada akhirnya tercatat beberapa tim yang berhasil memenangkan kompetisi ini, yaitu ;

  1. Juara 1 YON 01 USK A
  2. Juara 2 BURNI CAMP
  3. Juara 3 YO 01 USK B
  4. Harapan 1 COOL DOWN
  5. Harapan 2 PIDIE ADVENTURE
  6. Harapan 3 SKET PUTRA
  7. Juara favorit KINTIS

Tim-tim tersebut berhasil memenangkan kompetisi ini dan membawa hadiah pulang dengan total Rp. 20 juta, kemudian Rizky Maulana selaku Ketua Umum UKM PA-LH Metalik turut menyampaikan agar kegiatan seperti ini dapat terselenggara kembali tidak hanya dari Metalik saja akan tetapi dari organisasi-oraganisasi lainnya, kemahasiswaan serta kepemudaan.

Dalam kegiatan ini juga diadakan berbagai rangkaian kegiatan lainnya seperti penanaman bibit-bibit pohon di sekitaran Tugu Nol Kilometer yang merupakan penanda ujung barat indonesia.