BeritaKampusStraight News

Seminar Konsentrasi HMM FEB USK, Menggali Potensi dan Pilihan Mahasiswa Manajemen

×

Seminar Konsentrasi HMM FEB USK, Menggali Potensi dan Pilihan Mahasiswa Manajemen

Sebarkan artikel ini
By: Nuri

Darussalam – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) kembali mengadakan seminar konsentrasi yang mengusung tema “Menggali Potensi dan Peluang Karir di Era Transformasi melalui Seminar Konsentrasi” yang dilaksanakan pada Sabtu (04/05/2024) di Balai Sidang FEB USK. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Manajemen Dr. A. Sakir, S.E., M.M., Ketua Program Studi Manajemen Dr. Halimatussakdiah, S.E., M.A., serta Dosen Pembina HMM Dr. Iskandarsyah, S.E., M.M serta para mahasiswa yang belum menentukan pilihan konsentrasi studinya.

Pembukaan acara diawali dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Qanun Meukuta Alam Alasyi, ia menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk membantu mahasiswa manajemen dalam memahami berbagai konsentrasi yang ada di jurusan Manajemen FEB USK, sehingga akan memudahkan mahasiswa manajemen khususnya angkatan 2022 untuk dapat memilih jenis konsentrasi yang akan mereka dalami nantinya.

Seminar Konsentrasi ini menghadirkan 5 pemateri yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing. Pemateri pertama, Dr. Mahdani Ibrahim, S.E., M.M. beliau membahas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, beliau menjelaskan alasan mengapa karir itu penting serta peluang karir di era transformasi. Pemateri kedua Dr. Ahmad Nizam, S.E., M.M., beliau memperkenalkan Manajemen Syariah, yang merupakan konsentrasi baru di prodi Manajemen FEB USK. Beliau memaparkan tentang peluang karier yang spesifik dalam Lembaga Keuangan Islam, bekerja di lembaga Islam, serta bisnis dan entrepreneurship Islam.

Selanjutnya Pemateri ketiga Bapak Irham Fahmi, S.E., M.Si, beliau memaparkan tentang lingkup kerja Manajemen Keuangan, hardskills, softskills, serta penjelasan mengenai teori yang melandasi pemilihan topik skripsi keuangan. Pemateri Ke empat Nabilah, S. Kom., M.T. beliau menjelaskan tentang konsentrasi Manajemen Operasional, peluang karir, tema penelitian/skripsi, serta kolaborasinya dengan bidang ilmu lain. Pemateri terakhir Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, S.E., MBA, yang memaparkan mengenai Manajemen Pemasaran, beliau menyatakan bahwa pemasaran sudah mati itu tidak tepat, karena pemasaran itu tetap ada dan akan terus berevolusi mengikuti perkembangan teknologi.

Semkom ini diikuti oleh sekitar 130 mahasiswa Manajemen angkatan 2023, 2022, dan 2021. Peserta sangat antusias mengikuti seminar, ini dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam mengajukan pertanyaan di setiap sesi pemateri.

Salah satu peserta menyatakan bahwa seminar konsentrasi ini sangat membantu dalam memilih konsentrasi.

“Menurut saya keberadaan seminar ini sangat membantu, karena melalui seminar ini saya sudah mendapat bayangan untuk pilihan konsentrasi di semester 5 kedepannya” ujar Ririn.

HMM FEB USK berharap dengan adanya seminar monsentrasi ini, mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih konsentrasi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga mereka lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di era transformasi.

(Perspektif/ Iza, Annisa Saragih)

Editor : Yulisma Mahbengi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *