Foto by Puan Hayati

Darusalam “Uang tinggal segini lagi, mana dah akhir bulan. Apes bet dahh”  Seringkah kamu mendengar ucapan seperti itu? tentu pastinya, apalagi kalau kamu anak rantau yang jauh dari orang tua, dan harus sewa rumah atau kamar untuk beberapa tahun, tentunya keuangan menjadi salah satu masalah yang besar dalam bertahan hidup di perantauan, belum lagi kalau doi ngajakin makan pas kamu lagi seret-seretnya kan bisa berabe tuh. Ditambah lagi, kalau kamu notabennya anak ekonomi yang seharusnya bisa ngatur keuanganmu, tapi karena pengaruh lingkungan ataupun perut yang gak bisa diatur kamu jadi kesulitan ketika di akhir bulan. Nah, kali ini kita akan bahas tips-tips buat kamu yang kesulitan banget buat ngatur keuanganmu agar tak terjebak di drama akhir bulan. Tentunya, agar kamu bisa dengan elegant bilang iya ketika doi ngajakin kamu makan tanpa terpaksa.

Yuk, simak tips-tips berikut sebaik mungkin biar aman dan luwes ngelewatin akhir bulannya!

1.Catat pengeluaranmu sedari awal bulan

Pernah gak sih kamu terpikir buat catat setiap pengeluaranmu agar kamu tahu selama ini uangmu kamu habiskan kemana aja? Nah, kita akan kasih langkah-langkah buat kamu gimana caranya agar kamu bisa nyusun setiap pengeluaranmu.

Sedari awal bulan kamu harus catat setiap pengeluaranmu di buku catatan kecil yang bisa kamu bawa ataupun kalau kamu gak mau ribet kamu bisa download di playstore “catatan keuangan”, nantinya setiap kamu melakukan transaksi di hari itu kamu catat seluruhnya. Dan setelah kamu tahu pengeluaranmu setiap harinya, susun strategi ataupun target kedepan apa-apa aja yang sekiranya gak perlu kamu beli dan buat minimal pengeluaranmu setiap harinya.

2. Sisihkan 10% dari uang bulanan yang diberikan orang tua mu di awal bulan

Nabung, kata ini tuh dulu waktu kecil sering banget kita denger. Atau gak kamu masih ingat dengan celengan ayam yang biasanya tuh usai pulang sekolah kita selalu sisihkan uang jajannya dalam bentuk recehan yang nantinya kalau udah ke kumpul banyak kita bisa beli mainan ataupun baju baru, nah cara ini itu efektif banget buat kamu dengan cara sisihkan 10% setiap kali kamu dikirim jatah bulanan. Contohnya kalau setiap bulan kamu dikirim duit Rp.1.000.000 kamu bisa sisihkan 10% nya, berarti sekitar Rp100.000. Alhasil,  uang itu bisa kamu pake kalau kamu di akhir bulan lagi kepepet banget.

3. Usahakan menyetok makanan dirumah atau kostan

Kalau kamu punya dapur di kost-kostanmu ataupun rice cooker, itu bisa bermanfaat banget buat kamu menghemat pengeluaran tiap harinya. Caranya, ketika di awal bulan usahakan belanja ke pasar dan bikin list belanjaan sesuai kebutuhan pangan kamu. Kamu bisa menyetok beras, sayur mayor, telur, blue band sebagai pelengkap dengan. Hal ini akan memudahkan  kamu untuk masak sendiri dan tentunya bisa mengehemat pengeluaranmu.

4. Jika sudah darurat banget, kamu bisa beli mie instan atau menghadiri undangan yang kemungkinan besar kamu dapet tuh asupan 4 Sehat 5 sempurna

Nah, kalau keuanganmu tuh udah darurat banget daripada minjem ke temen yang bisa bikin hari mu badmood kalau gak di kasih pinjam, kamu bisa tuh beli mie instan ataupun kalau kamu mau makanan yang 4 sehat 5 sempurna kamu harus rajin cari info kegiatan ataupun acara-acara yang akan di selenggarakan di kampusmu, atau hadiri undangan yang tersedia. Jangan lupa di beberapa daerah di waktu shubuhnya adakan makan pagi gratis usai sholat shubuh di hamparan mesjid. Jadi selain nambah pahala juga nambah imunisimu. kamu harus rajin cari-cari info makanan gratis.

5. Menambah uang jajanmu dengan menjadi seorang freelancer

Di era modern ini, kalau kamu mau berusaha mudah banget, asalkan kamu komitmen ngerjainnya, contonya kalau kamu jago desain grafis kamu bisa dapat uang tambahan dari nge-desain, kalau kamu jago dalam fotografi kamu bisa jadi fotografer lepas yang uangnya lumayan banget untuk nambah uag jajan kamu, atau jika kamu suka banget sama kopi, kamu bisa daftar jadi seorang barista dan ambil jadwal yang gak bentrokan dengan jadwal kuliahmu. Dan masih banyak lagi tentunya, asalkan kamu tidak gengsi dan niat buat dapat uang tambahan, pasti ada jalannya buat kamu.

6. Puasalah, selain nambah pahala juga ngirit pengeluaran

Puasa itu gak hanya di bulan Ramadhan, akan tetapi ada juga puasa lain seperti puasa senin kamis ataupun puas daud, kalau kamu mau menghemat pengeluaranmu dan plus dapat pahala kamu bisa ngelakuin hal ini dan terkadang kalau kita lagi puasa ada aja rezeki nomplok dan biasanya di beberapa mesjid diadakan buka puasa bersama dengan menu-menu yang top banget pastinya.

Sebenarnya “banyak cara menuju roma”. Eh, maksudnya banyak cara buat ngatur keuanganmu asalkan kamu niat dari awal dan gak neko-neko, dan kamu gak perlu tuh buat minjam duit ke temenmu ataupun minta uang tambahan ke orang tuamu, asalkan kamu gak gengsi dan berani bilang enggak setiap kali temenmu ngajakin nongkrong ataupun sesuatu yang gak berfaedah buat kamu. Semoga tips ini bisa membantumu di akhir bulan dan selamat mencoba ! (Yodee,Ref/perspektif)