Foto by Puan Hayati

Darussalam – Belakangan tersiar kabar bahwa Kota Serambi Mekkah akan kembali memiliki bioskop setelah sekian lama mengeluh tak ada salah satu hiburan elite di kota ini, jikapun ingin  harus merogoh kocek cukup dalam. Betapa tidak, untuk sekadar memuaskan hasrat hiburan layar lebar, masyarakat kota ini harus ‘hijrah’ sementara waktu ke kota tetangga, Medan.

Medan adalah tempat pelarian yang tepat bagi warga Banda Aceh yang membutuhkan hiburan. Walau harus menempuh 12 jam perjalanan jalur darat, demi menikmati 2 jam penampilan idolanya beradu akting. Cukup pelik memang, tapi mau apa dikata. Bioskop di Aceh telah lama mati sejak ditutup pasca dilanda musibah Tsunami 2004 silam.

Sebenarnya, menyinggung mengenai hiburan, terutama bioskop di kalangan mahasiswa, Darussalam sudah punya menyediankannya sejak dulu. Namun, sadarkah kalian jika ini adalah bentuk nyata bioskop paling mewah di dunia? Mari kita lihat.

Bayangkan, di Bioskop Mewah ala Kopelma ini kalian tak perlu repot-repot memesan kursi, segala bentuk minuman dan makanan dari luar boleh dibawa masuk, dan tak ada larangan mau seberapa banyak film yg akan ditonton, dan dapat dinikmati sepuasnya.

Tempat yang cukup strategis di pintu gerbang Komplek Pelajar Dan Mahasiswa (KOPELMA)  ini sering jadi alternatif mahasiswa yang malas memasak makanan dan memilih menghabiskan waktu makan malamnya di Bioskop Mewah ala Kopelma, sudah dapat makanan yang sesuai kantong mahasiswa, bisa  menonton film bioskop yang nggak-baru-baru-amat. Ah, mewahnya.

Cukup membayar ‘tiket’ seporsi nasi goreng kampung dan es kosong, syukur-syukur anda juga bisa menonton pertandingan sepakbola club kesayangan dengan paduan audio speaker yang besar, ditambah sebat yang tak ada batasan, bak sedang di Anfield Stadium namun dengan kearifan lokal. Nikmat tuhan mu mana lagi yang kau dustakan?

Sayangnya, bioskop mewah ini hanya dibuka setelah adzan isya hingga subuh berkumandang. Dan bagi kaum perempuan hanya bisa menikmati hingga pukul 22.30 saja, dikarenakan Syariat bahwa baiknya pada malam hari, perempuan tak boleh berada lama-lama diluar, daripada jadi bahan omongan tetangga, tak baik.

Rasanya inilah bioskop terbaik saat ini. Di bagian bumi mana lagi kalian bisa merasakan betapa istimewanya hiburan mewah harga murah seperti di Kopelma.

Ada baiknya, sembari menunggu pembangunan bioskop resmi yang akan hadir di salah satu mall-super-hits di kota ini selesai, mampirlah dahulu untuk melatih mata kalian menikmati tontonan bioskop, pilihannya pun tak hanya satu, anda bisa memilih mau mampir Bioskop Mewah Kopelma yang ada di sepanjang sisi kanan atau kiri jalanan Kopelma, Ah, mewahnya bioskop milik Kopelma. Anda tertarik untuk mencoba? (Jo&Hayati/Perspektif)