Mau Mengendalikan Mimpi? Lucid Dream Aja!

Ilustrasi : Max

Darussalam – Sebagai manusia normal, mimpi merupakan salah satu kegiatan yang kita alami ketika tidur. Sering kali mimpi dibilang sebagai bunga tidur, tapi hal ini terlalu sederhana rasa nya jika hanya dianggap sebagai bunga tidur. Bicara soal mimpi, mimpi merupakan suatu peristiwa yang terjadi di bawah alam sadar ketika kita sedang tidur dan bisa terjadi kapan saja. Peristiwa yang terjadi di dalam mimpi bisa berupa baik, buruk, ataupun aneh. Seringkali kita tidak mengingat apa yang kita mimpikan ketika kita terbangun dari tidur.

Maka dari  itu apakah kita tau mengapa kita bisa bermimpi di saat kita tidur?

Bagi banyak orang, mimpi dipercaya lebih dari sekedar bunga tidur. Karena pada kebanyakan nya mimpi buruk pun bisa merupaka hasil dari sesuatu atau seseorang yang ada dalam kehidupan nyata. Ini bisa terjadi ketika otak memproses emosi nyata dalam hidup kita sehingga menghasilkan dunia yang sepenuhnya baru.

Bukan hanya itu, dalam mimpi juga terdapat fenomena yang cukup populer yaitu lucid dream (mimpi sadar). Lucid dream adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Ketika mengalami fenomena ini si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Lucid dream membangunkan bagian otak yang bertanggung jawab atas kesadaran diri, dan memberi si pemimpi untuk menyadari bahwa dia pasti sedang bermimpi. Beberapa orang yang tahu akan fakta ini sanggup membangunkan diri mereka sendiri, sementara yang lain akan membiarkan sampai mimpi itu berakhir. Selama dia bisa ingat bahwa lucid dream bisa “dibuat” dengan sengaja, dia akan menggunakan imajinasinya sebelum tidur untuk memvisualisasikan mimpi yang dia inginkan.

Hanya sedikit orang yang bisa mengalami lucid dream. Kondisi ini biasanya terjadi secara kebetulan dan tak bisa diulang. Meski jarang terjadi dan hanya dialami segelintir orang, lucid dream diperkirakan memiliki dampak besar terhadap kesehatan mental manusia. Misalnya kita bermimpi sedang memasak bersama ibu kita, dan kita tau bahwa ibu kita sebenarnya sudah meninggal dunia.  Atau pada saat bermimpi kita tersesat di hutan dan bertemu harimau, disini kita dapat mengendalikan mimpi kita sendiri sehingga dapat mengalahkan harimau tersebut. Tetapi tidak usah khawatir jika anda sering mengalami ini karena ini bukanlah hal aneh ataupun keadaan berbau mistis, ini normal dan lucid dreams adalah hal yang biasa terjadi.

Dan kita pasti bertanya-tanya normalkah jika setiap tidur bermimpi? Ketika kita tidur otak akan lebih aktif, detak jantung cepat, dan mata bergerak cepat meskipun sedang tertidur. Biasanya, dalam sekali tidur, anda akan mengalami banyak REM (Rapid Eye Movement) yang membuat anda sering bermimpi. Jadi tidak usah takut jika sering bermimpi disaat tidur.  Dan orang yang tidak merasa bermimpi biasanya orang yang tidur pulas atau orang yang tidak mengingat mimpi mereka. Ketika anda tiba-tiba mengalami/mengingat mimpi di luar kebiasaan normal, maka biasanya ada hal yang terjadi dalam tubuh yang diakibatkan oleh stress.

Setelah kita tau apa itu lucid dream, pasti kita akan bertanya-tanya apakah lucid dream normal atau berbahaya bagi si individu yang mengalami? Setelah membaca baberapa penelitian para peneliti yakin lucid dream sangat aman bagi orang-orang yang memiliki mental stabil. Namun, terkadang kondisi mental seseorang tidak bisa diprediksi. Jadi untuk itu kita juga harus waspada dan jangan pernah takut bermimpi. (Rezi&Aufar/Perspektif)

Editor: Jamaludin Darma