Raih Kemuliaan dengan Keutamaan Al-Quran

Ilustrasi : Max

Darussalam – Membaca Al-Qur’an menjadi sebuah ibadah yang akan mendatangkan keberkahan dan juga pahala. Al-Qur’an difirmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari sejak 17 Ramadhan. Membaca Al-Qur’an memberikan banyak manfaat, seperti :

  1. Mendapat Pahala Berlipat

Rasulullah mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur’an akan diberikan balasan 10 kali lipat oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan, dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

  1. Derajatnya Diangkat

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Qur’an dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

  1. Mendapat Pertolongan Allah SWT di Hari Kiamat

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an  akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari kiamat.

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Isra [17] ayat 82 bahwa Al-Qur’an diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga keutamaan membaca Al-Qur’an akan mendapatkan ketenangan jiwa.

Bulan Ramadan merupakan bulan terjadinya berbagai mukjizat bagi umat Islam, bulan terjadinya perang Badar, pembebasan kota Mekkah dan yang paling istimewa bagi umat Islam adalah bulan di mana Allah menurunkan kitab suci Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup manusia.

Nah, dari paparan keutamaan Al-Qur’an serta manfaat dari membaca Al-Qur’an tentu saja diri kita menjadi lebih terpacu dalam mengamalkan praktek membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagi sebagian umat Islam masih ada yang merasa berat sebab belum terbiasa melaksanakan kegiatan one day one juz. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membiasakan kegiatan one day one juz :

  1. Ketahui Keutamaan dan Manfaat Membaca Al-Qur’an

Telah ditetapkan Allah SWT bahwa Al-Qur’an merupakan anugerah bagi umat manusia dan barangsiapa yang membacanya, maka akan diberikan kepadanya pahala minimal 10 kebaikan, apabila dibaca dengan bersungguh-sungguh dan tidak riya’. Untuk manusia yang berpikir hal ini merupakan keuntungan yang sangat berlipat ganda di mana saat membaca akan memperlancar bacaan, mendekatkan diri dengan sang pencipta, menalar solusi dari berbagai masalah yang sudah pernah terjadi melalui berbagai kisah di dalam kitab suci Al-Qur’an.

  1. Tekadkan Niat & Luruskan Tujuan

Semua kegiatan bermula dari niat yang kuat. Usaha yang dilakukan tanpa niat dan tujuan yang jelas tidaklah akan bertahan lama. Niat yang ada di dalam hati dengan tujuan yang dibuat untuk memotivasi diri dapat menumbuhkan dasar pemikiran untuk membuat hati dan jiwa rindu akan membuka dan membaca lantunan ayat suci Al-Qur’an walau hanya sebaris.

  1. Sedikit tapi Rutin

Merubah kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kegiatan yang tidak biasa dilakukan, kemudian dilaksanakan secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat tidak akan mampu bertahan dengan waktu yang lama. Seperti pada manusia umumnya yang tidak terbiasa membaca Al-Qur’an pada kesehariannya, lalu esok harinya ia membaca 3 Juz dalam sehari. Hal ini membuat orang itu lelah dan malas untuk mengulang pembacaan Al-Quran untuk hari-hari berikutnya.

  1. Membaca Al-Qur’an Setelah Shalat

Sesibuk apapun pekerjaan sehari-hari, shalat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Jika diperhatikan setiap Al-Qur’an memiliki interval 10 lembar disetiap Juz-nya dan umat Islam memiliki kewajiban melaksanakan 5 waktu shalat wajib. Dengan begitu, dapat dibiasakan bagi para pemula untuk membaca 2 lembar seusai melaksanakan shalat wajib. Sehingga, dapat tujuan one day one juz dapat diwujudkan secara teratur dan perlahan.

  1. Luangkan Waktu

Terkadang kita lebih sering mendengar bahwa bacalah Al-Qur’an disaat waktu luang, daripada berusaha meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Tanpa disadari, hal tersebut membuat diri menjadi seolah-olah memiliki alasan untuk mengabaikan kegiatan membaca Al-Qur’an dalam aktivitas sehari-hari, padahal kita mempunyai waktu 24 jam per hari. Jadi, cobalah investasikan waktu sekitar 1 jam saja per hari untuk kebaikan dunia dan akhirat melalui agenda membaca Al-Qur’an.

Berikut merupakan beberapa hal yang mungkin membantu dalam menerapkan program one day one juz. Semoga saja kita dapat menerapkan program tersebut dan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan dalam menjalani keseharian. (Anggi & Ika)

Editor : Cynthia Ramadhan