Nasional

Tabligh Akbar Memperingati 19 Tahun Tsunami Aceh Bersama Ustaz Abdul Somad

×

Tabligh Akbar Memperingati 19 Tahun Tsunami Aceh Bersama Ustaz Abdul Somad

Sebarkan artikel ini
Sumber @Ustadzabdulsomad_official

Darussalam – Pada Selasa, 26 Desember 2023, Provinsi Aceh memperingati 19 tahun setelah bencana alam Tsunami yang sangat besar melanda Aceh pada tanggal yang sama tahun 2004 silam. Dalam memperingati bencana tersebut, Tim Safari Dakwah Ustaz Abdul Somad di Aceh menyelenggarakan tablig akbar, tausiah dan doa bersama pada peringatan Tsunami Aceh di Museum Kapal PLTD Apung, Punge Blang Cut. Acara tersebut dibuka dengan membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia, Bapak Ramzah Henli. SE.

Acara tersebut juga dihadiri PJ Keuchik Gampong Punge Blang Cut, Imam Gampong Punge Blang Cut, Ketua Tuhapeut beserta jajarannya, dan Kepala Dusun beserta pemuda-pemuda Gampong Punge Blang Cut.

“Biasanya acara memperingati Tsunami ini dilaksanakan di Masjid Subulussalam, Gampong Punge Blang Cut, tetapi hari ini merupakan hari yang istimewa karena hadirnya dai kondang ustaz Prof. H. Abdul Somad, Lc, Ma,” ujar Ketua Panitia.

“Acara tersebut tidak menggunakan anggaran dana pemerintah, melainkan hasil dari donasi yang terkumpul dari warga-warga Gampong Punge Blang Cut,” tambah Ketua Panitia.

Selanjutnya ada kata sambutan dari Koordinator Tim Ustaz Abdul Somad di Aceh yang diwakili oleh bapak H. M Fadhil Rahmi, Lc, M. Ag. Setelah penyampaian kata sambutan, lalu memasuki acara inti penyampaian tausiah oleh Ustaz Prof. H. Abdul Somad, Lc, Ma.

Di dalam tausiahnya banyak membahas hal tentang kesabaran dalam menerima cobaan dan ujian. Juga ia menolak pernyataan bahwa bencana besar ini merupakan hukuman dari Allah kepada masyarakat Aceh.

“Musibah gempa dan tsunami yang melanda Aceh itu bukan laknat, tetapi ujian dan cobaan yang diberikan Allah untuk melengkapi pahala kita yang kurang di timbangan yaumul mizan kelak, ” ujarnya.

Masyarakat Banda Aceh sangat antusias mengikuti tausiah ini, terutama masyarakat Punge Blang Cut. Lokasi terpantau padat sampai keluar pagar area acara. Acara tersebut tepat diadakan di samping kapal apung terdampar yang kini dijadikan museum peringatan. Sebelumnya ustaz Abdul Somad telah melakukan safari dakwah sejak Sabtu 23 Desember 2023 di Aceh. Di hari Sabtu beliau melakukan tablig akbar di Taman Masjid H. Keuchik Leumiek Lamseupeung. Dan di hari Minggu pada pagi hari melaksanakan kajian duha di Masjid Al Munawwarah Punge jurong, dan pada sorenya acara tablig akbar di Dayah Misbahul Wara Al Amiriyah Sibreh, dan malamnya dilanjutkan tablig akbar di Masjid Jamik Babussalam Lamteungoh.

Pada hari Senin mengadakan acara kajian subuh di Masjid Al-Hidayah Musara Agung dan siangnya dilanjutkan dengan tausiah siang di Masjid Al A’la Cot Mesjid, lalu disusul dengan acara malamnya yaitu tablig akbar di Lapangan Bola PSKD Kajhu. Dan acara terakhir ditutup dengan tablig akbar di Punge Blang Cut tepat pada peringatan 19 tahun Tsunami Aceh ini. Di dalam Tim Ustaz Abdul Somad menyambangi Aceh, yang menjadi koordinator adalah Bapak H. Nazaruddin Yahya, Lc.

Tepat pada pukul 09.20 acara pun usai, juga acara berjalan dengan lancar. Dikarenakan Ustaz Abdul Somad mengejar waktu berangkatnya pesawat dari Banda Aceh menuju Riau. Karena keterbatasan waktu, sesi tanya jawab ditiadakan. Meski begitu masyarakat tetap merasa senang dapat mengikuti tablig akbar tersebut.

(Perspektif/Habibul Rusydi)

Sumber Foto: @Ustadzabdulsomad_official

Editor: Dinda Syahhrani