Antusiasme Mahasiswa USK Menyambut USK Fair XV

Darussalam – Universitas Syiah Kuala kembali hadir dengan event spektakuler dan terbesar mereka yaitu USK Fair XV yang merupakan acara puncak BEM USK di bawah naungan Kabinet Bersatu mengangkat tema “Bersatu Dalam Karya Berperan Untuk Bangsa”, yang bertempat di gedung AAC Dayan Dawood. Acara ini berlangsung selama satu minggu yakni dimulai sejak tanggal 11 sampai 18 Desember 2021. USK Fair merupakan ajang untuk seluruh mahasiswa berekspresi dalam menunjukkan bakat dan minat serta kemampuan mereka.

Opening Ceremony yang berlangsung pada hari pertama acara ini dibuka untuk umum dan disambut meriah dengan penampilan tari Ranup oleh UKM Seni Putro Phang, penghargaan apresiasi pemenang logo USK Fair kepada Muhammad Iqram dan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Maulidin Afdhal. Lagu Indonesia Raya juga ikut mengiringi acara opening ceremony USK Fair XV tersebut.

“Hampir dua tahun ini, USK Fair XV merupakan satu kegiatan pertama yang bisa terlaksana secara luring di tahun 2021. USK Fair ke-15 dibuat dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu menghidupkan kembali perekonomian Aceh dan yang pasti USK Fair XV ini dibuat sebagai wadah dan ajang untuk menuangkan kreativitas, baik itu mahasiswa maupun masyarakat umum yang ada di Aceh dan Nasional. Kemudian, tujuan itu kami tuangkan dalam konsep rangkaian kegiatan yang harapannya rangkaian ini dapat menunjang terwujudnya tujuan yang telah kami susun sebelumnya, ” ujar Rahmad Ferdiansyah dalam penyampaian laporan Ketua Panitianya.

Dalam kata Sambutannya Fikrah Aulia menyampaikan bahwa USK Fair XV disusun untuk memberikan ruang krativitas dan juga inovasi bagi mahasiswa USK. Seperti yang kita tahu, sebelumnya sudah 2 tahun mahasiswa dan juga Ormawa dihantam dan ikut terimbas efek dari pandemi Covid-19. Mudah-mudahan dengan hadirnya kembali USK Fair yang ke-15 ini dapat menjadi pintu bagi kawan-kawan Ormawa untuk terus berkegiatan kedepannya.

Acara USK Fair ini juga dihadiri oleh Perwakilan Wali Kota Banda Aceh yang menyampaikan kata sambutannya, dan dibuka secara resmi oleh Rektor USK yaitu Prof. Dr. Ir Samsul Rizal M,Eng. IPU., ASEAN. Eng dan pembukaan secara simbolis  yang diiringi oleh Rapa’i. Adapun konsep rangkaian kegiatan ini disuguhkan hampir 20 rangkaian menarik diantaranya berbagai perlombaan, Best ormawa, event, dan Student of the year, sosialisasi beasiswa, seminar nasional, workshop desain grafis dan sebagainya.

Dalam rangkaian kegiatan informal pada opening ceremony USK Fair XV ini dibuka dengan penampilan dari Band Lokal FEB USK yaitu Bestek (Bengkel Seni dan Teater Ekonomi) yang membawakan beberapa lagu dan disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Dan ditutup dengan penampilan Band Purnama and The Rolled Pumpkin yang juga tak kalah menarik.

Meski acara USK Fair XV ini dilaksanakan secara luring, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

(Nadya &Shatila / Perspektif)