Bangkitkan Semangat Literasi, Journalism Festival Hadir dengan Rangkaian Kegiatan Menarik


Darussalam – Menjadi seorang penulis bukan suatu hal yang sulit. Sederhananya, kunci dari seorang penulis adalah perbanyak bacaan dan mulai mencari inspirasi.

Membahas topik seputar dunia tulisan, LPM Perspektif Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan Journalism Festival 2021 (JOURNIVAL) dengan tema “Jurnalisme dan Realita, Media Digital dan Etika, Jangan Ada Jarak di antara Kita” yang berlangsung sejak tanggal 26 November 2021 sampai 5 Desember 2021.

Acara ini bertujuan untuk menginspirasi banyak orang terkait literasi yang saat ini sangat dibutuhkan, khususnya untuk para generasi muda. Daya kritis tidak didapat secara kebetulan, melainkan diasah untuk berpikir teliti dan cerdas. Artinya, sangat dibutuhkan literasi yang baik untuk memilah setiap informasi yang beredar.

“Dengan adanya kegiatan semacam Journival ini dapat memberikan kontribusi kepada seluruh masyarakat luas untuk tertarik dengan dunia tulisan dan meningkatkan daya literasi masyarakat demi Insan Indonesia yang cendekia,” ujar Yodi Agam selaku Ketua Panitia acara Journalism.

Dalam rangka menyukseskan acara ini, Journalism dibuka dengan kegiatan Webinar Nasional melalui platform Zoom dengan mengusung tema “Membangun Karakter dalam Konten Tulisan” pada Jumat, (26/11). Webinar Nasional ini dibuka untuk umum yang ingin belajar menulis dan melatih cara membuat konten tulisan yang menarik denganmengundang Fauzan Al-Rasyid sebagai narasumber. Berbagai keuntungan yang didapat ketika mampu membuat tulisan menjadi konten yang menarik bagi banyak orang. Salah satunya dengan menulis, seseorang dapat berpikir kritis dan jernih.

Selain Webinar Nasional the series sebanyak tiga kali, ada beberapa rangkaian acara yang akan diadakan oleh Journival, diantaranya PJTLN (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional), Bedah Buku, dan berbagai lomba dengan hadiah yang telah ditentukan.

Farhana Atikah sebagai Sekretaris Panitia Journival mengampaikan harapan besarnya, semoga acara ini lancar terus sampai nanti di Closing Ceremony, sukses, peserta semakin banyakk dan Journival akan terus ada di tahun-tahun selanjutnya.

“Jangan menunda hal yang ingin ditulis agar ide yang didapat tidak hilang” – Fauzan Al-Rasyid

(Perspektif)