Journalism Festival : Acara Perdana Perspektif Sukses Terlaksana

Darussalam – Minggu, (05/12) LPM Perspektif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Syaih Kuala melangsungkan webinar ketiga sekaligus menjadi acara penutup dari serangkaian kegiatan Journival. Kegiatan Journival atau Journalism Festival LPM Perspektif berlangsung mulai dari tanggal 26 November sampai 05 Desember 2021.

Webinar ketiga sekaligus closing ceremony dibuka dengan kata sambutan dari Abi Rafdi Nasution selaku Pimpinan Umum LPM Perspektif dan Fakhrurrazi Amir, S.E, M.M. selaku Pembina LPM Perspektif serta kata sambutan sekaligus pembukaan webinar oleh Dr. Abdul Jamal, S.E, M.Si. selaku Wakil Dekan III FEB USK.

“Sukses terus buat acaranya, semoga bisa menambah wawasan bagi semua peserta yang mengikutinya,” ungkap Pak Jamal dalam kata sambutannya.

Journival mengadakan banyak rangkaian kegiatan diantaranya Webinar Nasional  sebanyak tiga kali, ajang perlombaan berupa lomba infografis dan lomba fotografi, Bedah Buku Nasional yang diisi oleh Ayu Khatijah V.N selaku penulis buku “From Maba To Ketum”, dan PJTLN (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional).

Webinar ketiga dilaksanakan dengan mengangkat tema “Melatih Daya Pikir Untuk Menulis Secara Kreatif” menghadirkan dua pemateri terbaik yakni Muhammad Subarkah selaku Asisten Redaktur Pelaksana Harian Republika Jakarta dan Ivan Lanin selaku Direktur Utama Narabahasa.  Webinar dilaksanakan secara online melalui Zoom.

Webinar ini membahas seputar dunia tulisan yang bertujuan untuk melatih daya pikir terkait bagaimana menulis secara kreatif khususnya dalam mengembangkan tulisan tanpa mengurangi inti tulisan dan daya tariknya. Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari berbagai instansi seperti seluruh Lembaga/pihak baik internal maupun eksternal kampus melalui live on zoom. Dalam Webinar Nasional, Muhammad Subarkah menyampaikan bahwa menulis itu seperti naik sepeda, harus belajar dengan serius, berkali-kali gagal, tapi kalau sudah bisa terasa gampang. Ketika kita menulis pastinya pernah mengalami kehilangan inspirasi, namun hal yang perlu kita lakukan yaitu langsung menulis, jangan ada kata ragu untuk memulai, tulislah apapun yang ingin kita sampaikan kepada pembaca, karena semakin kita menunda tulisan itu tidak akan pernah ada. “Bagaimana kita menuangkan tulisan jika kita tidak memulai menulis, karena menulis itu tidak harus bagus tapi dilatih terus menerus, Kuasai Bahasa Kuasai Dunia,” tambah Ivan Lanin.

Abi Rafdi Nst sebagai Pimpinan Umum LPM Perspektif menyampaikan harapan besarnya, semoga kedepannya LPM Perspektif semakin bagus, semakin baik dan dapat memberikan manfaat serta dampak untuk banyak orang serta kedepannya dapat terus berkarya menjadi jauh lebih baik lagi. “Harapan saya dengan adanya kegiatan Journalism Festival (Journival) Perspektif 2021 dapat memberikan manfaat yang seluas-luas bagi seluruh lapisan masyarakat untuk tertarik dengan dunia tulis menulis dan menggugah gairah agar semangat membaca, semoga hal ini dapat meningkat IPTEK manusia Indonesia yang cendekia di kemudian hari,” tambah M.Yodi Agam selaku Ketua Pelaksana Journival 2021.

Acara ini ditutup secra resmi oleh Fakhrurrazi Amir, S.E., M.M. selaku pembina LPM Perspektif, “Journalism akan masuk ke dunia metaverse, maka pelaku dunia jurnalisme harus siap mengahadapi perubahan.dengan mengucapkan alhamdulillah acara journival 2021 ditutup,”

(Jannah, Nadia/Perspektif)