Berita

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Kembali Dibuka, Begini Persyaratan dan Kelebihannya

×

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Kembali Dibuka, Begini Persyaratan dan Kelebihannya

Sebarkan artikel ini

Darussalam – Beasiswa Pertamina Sobat Bumi kembali membuka pendaftarannya sejak 20 Maret hingga 25 April mendatang. Program ini merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan, biaya hidup dan stimulan bantuan aksi sobat bumi dalam rangka kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dicanangkan oleh PT Pertamina (Persero). Tahun ini, Beasiswa Sobat Bumi 2023 membuka kuota untuk 450-500 mahasiswa. Kuota ini cukup bertambah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan tingginya peminat akan beasiswa ini.

Sebagai salah satu universitas mitra, mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) berkesempatan untuk mendaftar beasiswa bergengsi ini. Bagaimana tidak, setiap universitas mitra yang mendaftar, yang berhasil lolos dari masing-masing universitas hanya sekitar 10 orang. Muhammad Rayyan Al-Ghifari merupakan salah satu mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USK yang lolos menjadi salah satu awardee dari Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022.

“Aku dapat ilmu dari berbagai pelatihan yang diberikan oleh Pertamina Foundation dan aku juga bersyukur karena diberi kesempatan berkontribusi lebih baik kepada lingkungan Aceh dengan melakukan berbagai aksi kegiatan seperti menanam bakau dan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya,” ujar Rayyan saat ditanya mengenai pengalaman menjadi awardee Beasiswa Pertamina selama satu tahun berjalan.

Lantas apa saja persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa bergengsi ini? Berikut paparannya :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), Mahasiswa aktif dari perguruan tinggi mitra,
  2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6 dengan IPK terakhir lebih dari 3.00,
  3. Aktif berorganisasi/kegiatan sosial/gerakan lingkungan,
  4. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan narkoba ataupun tindakan kriminal,
  5. Membuat karya social project/ide-ide kreatif,
  6. Syarat yang dipertimbangkan atau bernilai lebih
  7. Disabilitas dan/atau yatim-piatu,
  8. Kondisi ekonomi keluarga,
  9. Prestasi non-akademik: olahraga/seni/keahlian tertentu, dan
  10. Memiliki sertifikat TOEFL ITP skor minimal 500.

 

Ketentuan :

  • Jangka waktu beasiswa 2 tahun dengan evaluasi per-semester.
  • Tidak sedang menerima beasiswa di tempat lain.
  • Mengikuti Komunitas Sobat Bumi Indonesia.

 

Rayyan  juga mengungkapkan kelebihan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dibandingkan beasiswa lain yaitu selain mendanai Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa, awardee Beasiswa Pertamina Sobat Bumi juga mendapatkan uang saku bulanan dan uang saku untuk melakukan berbagai macam aksi pengabdian, terutama di bidang lingkungan, dan juga mendapat kesempatan bertemu orang-orang hebat melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation sehingga dapat menambah relasi dan pengalaman yang berharga.

“Semoga kalian bisa mendapatkan passion kalian ketika join dengan beasiswa ini karena beasiswa ini sangat bermanfaat, dan semoga teman-teman bisa dengan tulus dan punya niat baik dalam berkontribusi untuk lingkungan kita yang lebih baik,” tutup Rayyan menyemangati para mahasiswa yang memiliki minat mendaftar Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

 

(Perspektif/Putri Amalia Husna)

Editor : Dinda Syahharani