Entrepreneurship Festival (ENTFEST) 2022, Gelar Expo dan Serangkaian Seminar Secara Offline

foto : jihan

Darussalam – UKM Inkubator FEB USK kembali menggelar acara ENTFEST di aula kampus kuning. ENTFEST sendiri merupakan event tahunan terbesar bagi  UKM yang bergerak di bidang kewirausahaan. Setelah dua tahun diadakan secara daring, akhirnya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali secara offline.  Adapun ENTFEST 2022 hadir dengan mengusung tema “Wajah Baru Entrepreneur Sebagai Inovasi dan Strategi Dalam Menghadapi Transformasi Digitalisasi Global.” Kegiatan ini akan berlangsung mulai dari tanggal 19 – 22 September 2022.

Acara pembuka atau Opening Ceremony yang dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022 ini disambut meriah oleh para mahasiswa dan tamu undangan yang berhadir. Acara resmi dibuka sesaat setelah terdengarnya ketukan rapa’i yang dipimpin oleh Dr. Abdul Jamal, S.E,.M.Si selaku Wakil Dekan III FEB USK . Kemudian pada hari dan lokasi yang sama, ENTFEST mengadakan rangkaian kegiatan pertama mereka yaitu seminar pembuka dengan tema “Viral Marketing: The Attention Seeker.” Seminar ini menghadirkan dua pemateri dari kalangan wirausahawan, yaitu Khairul Fajri Yahya yang merupakan owner dari Ija Kroeng dan  Rizki Mulyadi selaku owner dari Restoran Jepang Atariki. Selain itu, rangkaian acara ENTFEST lainnya terdiri dari berbagai macam perlombaan, workshop, dan talkshow yang akan diadakan pada hari selanjutnya.

Di tahun ini, ENTFEST juga kembali menghadirkan bazar yang berkolaborasi dengan UMKM lokal sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha di Aceh.  Terdapat 28 stand bazar  yang hadir dan turut memeriahkan acara ENTFEST tahun ini. Berdominasi stand yang menjual berbagai makanan dan minuman segar, siapa pun dapat datang dan meramaikan bazar yang berlokasi di halaman belakang KPMG FEB USK ini.

“Pada tahun sebelumnya saat masih pandemi, bazar ditiadakan sebagai bentuk penerapan PSBB sekaligus untuk menghindari adanya penularan virus Covid-19. Setelah semuanya kembali normal, di tahun inilah ENTFEST dapat kembali mengadakan bazar seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucap Siti Raisha Faziya selaku Ketua Umum dari UKM Inkubator.

Menurut Raisha, diadakannya event ENTFEST ini sendiri memiliki tujuan utama, yakni sebagai wadah aksi nyata bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan di kelas. Selain itu, tujuan lainnya ialah sebagai ajang branding dalam memperkenalkan nama Inkubator ke masyarakat.

(Perspektif/Tasya & Raihan)