IBEP Unsyiah Gelar IVE 2020 : IBEP’s Virtual Event dengan Skala Internasional

Dokumentasi : Panitia

International Business Economics Program (IBEP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsyiah melalui lembaga kemahasiswaannya yaitu International Business Economic Student Club (IBESC) menggelar kegiatan virtual bertajuk “IBEP Virtual Event (IVE)”. IVE 2020 menggabungkan dua rangkaian acara tahunan bergengsi IBEP yaitu Workshop & Meet and Greet IBEP 2020 dan WCRP (World Class Research Program). IVE 2020 dilaksanakan pada Sabtu – Senin, 26 – 28 Desember 2020 secara virtual.

Kegiatan Workshop & Meet and Greet 2020 yang diadakan pada Sabtu, (26 / 12) sejak pukul Sembilan pagi mendapat antusiasme tinggi dari seluruh peserta. Workshop & Meet and Greet 2020 sendiri merupakan acara yang mempertemukan seluruh mahasiswa Kelas Internasional dengan mahasiswa baru program Kelas Internasional di awal masa perkuliahan. Melalui kegiatan ini, maka akan terjalin relasi dan komunikasi yang baik khususnya antara para mahasiswa baru dengan mahasiswa lama program Kelas Internasional. Kegiatan ini juga dibarengi dengan Workshop bertaraf internasional dengan pemateri yang berasal dari London yaitu Mr. John Hopkin. Beliau merupakan seorang profesional yang sukses dengan catatan progresif pencapaian tinggi dalam pengembangan B2B dalam sektor komoditas, transportasi, ritel dan rekreasi, dan pasar keamanan.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang pentingnya aktualisasi diri terhadap perkembangan zaman saat ini. Menurutnya, sebagai mahasiswa di rumpun ilmu ekonomi, setiap mahasiswa juga harus peka terhadap isu-isu ekonomi terkini. Sementara kegiatan World Class Research Program (WCRP) diadakan pada Minggu – Senin (27 – 28 / 12). WCRP merupakan program yang yang ditujukan kepada seluruh mahasiswaguna menambah wawasan terkait publikasi sitasi ilmiah dan kemampuan dalam melakukan riset. Program ini diharapkan dapat berujung pada peningkatan kualitas civitas akademika yang ada.

Acara bertaraf international ini mengundang beberapa pemateri, antara lain; yaitu Gordon Studebaker yang merupakan seorang Property Assessor di T.A USAID. Beliau membawakan materi terkait peluang pekerjaan di bidang penelitian.  Dari internal FEB, kegiatan ini diisi oleh pemateri yang tidak kalah berkelas. Di antaranya ada Dr. M. Shabri, S.E., M.Ec., dosen kedua terbaik Indonesia dengan 23 riset terbaik Asia. Ia menjelaskan tentang bagaimana pengenalan dan awal mula penelitian yang baik. Kemudian ada Dr. rer. pol. Heru Fahlevi, S.E., M.Sc., yang termasuk dalam 25 peneliti dunia di Hamburg, Jerman. Dr. Heru turut membawakan materi terkait analisa metodologi dan hasil penelitian. Lalu juga ada Dr. Abd. Jamal, S.E., M.Si., yang merupakan wakil dekan bidang akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah dan juga dosen serta peneliti dengan spesialisasi Ekonomi Regional dan Perkotaan. Dr. Abd. Jamal sendiri menerangkan beberapa materi terkait kajian literature dalam penelitian ilmiah.

Kepala program IBEP, Talbani Farlian, S.E., M.A dalam kata sambutannya menyampaikan beberapa harapannya terkait kegiatan ini.

“Saat ini, program IBEP yang terdiri dari tiga jurusan yaitu Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi. Ini adalah peluang yang bagus untuk berkolaborasi antar program. Saat ini, banyak lulusan dari program IBEP yang sudah sukses berkarir di level terbaik bidang pekerjaannya masing-masing. Ini harus menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa IBEP. Melalui kegiatan ini, semoga seluruh mahasiswa IBEP dapat meningkatkan kemampuannya,” tutupnya.

Editor : Abi Rafdi Nst

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.