Ilustrasi by Vanna

Darussalam– Mengawali semester baru tahun 2019, Unsyiah kini berinovasi pada sistem absensi Mahasiswa. Senin (04/02/19) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsyiah kini disibukkan dengan Sistem Absensi Online.  Penggunaan Sistem ini cukup mudah,  hanya dengan login pada laman simkuliah.unsyiah.ac.id melalui smartphone pribadi dan melakukan absensi sesuai dengan mata kuliah yang akan diikuti. Hal ini dilakukan setiap masuk dan berakhirnya kelas, sesuai dengan jadwal yang tertera.

Namun,  sistem ini masih mengalami beberapa kendala dalam penggunaannya, dapat dilihat dari  laman yang error saat hendak log in ke situs tersebut atau bahkan mata kuliah yang disajikan tidak sesuai dengan mata kuliah yang akan berlangsung yang berakibat tidak efesiennya sebuah sistem.

Berdasarkan informasi yang didapat dari salah satu Dosen FEB Unsyiah, sistem ini masih dalam tahap percobaan yang dilakukan di 3 Fakultas Unsyiah yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, dan Fakultas Kedokteran.

Absensi online ini tentunya menjadi kejutan baru di awal perkuliahan semester genap ini, bahwasanya hal ini pertama kalinya terjadi dalam sistem perkulihan khususnya di lingkungan FEB Unsyiah. Tak heran jika masih banyak pihak yang belum sepenuhnya mengetahui tentang keberadaan dan penggunaan sistem absensi berbasis online ini.

Terlepas dari itu, hal ini tentunya selaras dengan pencapaian prestasi Unsyiah sendiri, dimana seperti yang kita ketahui Universitas Syiah Kuala berhasil masuk dalam kategori 10 Besar Ranking Universitas Di Indonesia dan menduduki posisi ke 9 versi IDN Times. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kampus Unsyiah dapat terus meningkatkan kualitas infrastruktur dan teknologi ke arah yang lebih maju, salah satunya dengan menerapkan sistem absensi online. (AH)