illustrasi oleh VannaMorgana

Darussalam – Masih ingat kah dengan isu bahwa Diploma III Unsyiah akan ditutup? Jelas sudah menjadi pembicaraan yang tak asing lagi. Terkhusus pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menerapkan Program Studi Diploma III, diantaranya D-III Akuntansi , Perpajakan, Manajemen Perusahaan, Manajemen pemasaran, Manajemen Keuangan dan Perbankan serta D-III Sekretaris. Sudah menjadi buah bibir masyarakat untuk terus menanyakan hal ini diantaranya Mahasiswa, Alumni, Siswa/i SMA serta para orang tua. “D3 akan di tutup? kenapa?” “kok D3 di tutup sih?”.

Begitu kiranya kalimat yang sering terlontar. Seperti halnya, Mahasiswa yang sedang bahkan ingin melanjutkan pendidikannya pada Prodi ini pun mengeluarkan keluh kesahnya. “kalau D3 dihapuskan ataupun akan digantikan menjadi D4, lalu bagaimana nasib kami yang sedang melanjutkan studi?” ucap Dilla salah satu mahasiswi D3 Manajemen Pemasaran. Hal itu juga diresahkan oleh Alumni Prodi Diploma 3. “ini sangat merugikan kami sebagai Alumni, karena kami tidak dapat membanggakan almamater kami sebelumnya”. Mendengar keresahan mahasiswanya, wakil dekan 1 Dr. Abd. Jamal, S.E., M. Si ikut berkomentar. “Mahasiswa tidak perlu khawatir akan hal ini”. Faktanya, dalam beberapa tahun terakhir jumlah peminat D3 semakin menurun jumlahnya. Bahkan ada beberapa program studi yang pendaftarnya hanya 10 sampai 15 orang saja setiap tahunnya. Hal tersebut tentu tidak efisien terhadap Universitas ini. Maka dari itu, ada pertimbangan dari Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal MEng mengenai hal ini. Beliau menyebutkan bahwa Unsyiah tidak menerima lagi Mahasiswa baru untuk program Studi Diploma III.

Terkait hal itu, Wakil dekan 1 bidang Akademik memiliki inisiatif untuk meng-upgrade beberapa Program Studi D3 menjadi strata 1 terapan atau disebut D4 bahwasanya tingkatan dari D4 ini sama dengan S1, yang membedakannya adalah D4 yang berada pada jalur vokasi yang berada di level 6 KKNI yang menekankan praktik, sedangkan S1 berada pada jalur akademik yang menekankan pada teori. Untuk usulannya tersebut, beliau menunjuk dua Prodi dalam programnya, yaitu Studi D3 Perpajakan dan Keuangan Perbankan yang masih memiliki banyak peminat. Dua Program Studi ini nantinya akan menjadi S1 terapan atau D4 pada tahun 2020. Namun untuk saat ini belum ada kepastian khusus terkait kelanjutan Program Studi yang akan di Upgrade dari D3 ke D4. (Frs, Wardan, Dicky)