Mengenal Jurusan Ekonomi Pembangunan Dan Prospek Kerjanya

Ilustrasi by : Vitri

DarussalamEkonomi Pembangunan (EKP) merupakan salah satu prodi eksis di Fakultas Ekonomi dan masih sangat banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Ekonomi Pembangunan menjadi salah satu cabang Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari tentang pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. EKP sendiri kurang lebih sama dengan ilmu ekonomi karena menitikberatkan pada pemahamanan tentang ekonomi makro dan ekonomi mikro. Jangan heran jika suatu saat kamu memasuki jurusan ini maka kamu akan menemukan deretan angkaangka dan analisis masalah ekonomi yang tidak ada matinya. Mahasiswa EKP akan berkutat dengan analisa berbagai isu ekonomi danperekonomian untuk mencari dan menemukan solusi serta alternatif dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Di jurusan ini, kamu dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi, penganalisis masalah ekonomi, pembuat kebijakan dan sekaligus problem solver untuk masalahmasalah ekonomi yang sedang terjadi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama.

Di jurusan ini kita akan diajarkan ekonomi secara lebih luas, salah satunya tentang bagaimana inflasi mempengaruhi perekonomian nasional, bagaimana ekspor bisa menguntungkan negara dan impor merugikan negara begitupun sebaliknya. Meskipun jurusan Ekonomi Manajemen dan Ekonomi Akuntansi juga mempelajari ilmu ekonomi makro dan mikro tetapi tidak dengan porsi sebanyak mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan.

Ciri khas dari jurusan Ekonomi Pembangunan ialah jurusan ini merupakan bagian dari ilmu sosial yang paling science karena di jurusan ini kita menganalisa masalah-masalah sosial ekonomi dengan pendekatan matematika sehingga mendapatkan hasil dan kemudian merumuskan kebijakan dengan angka-angka. EKP sendiri tidak akan terlepas dariangka dan analisis ekonomi serta bagaimana penentuan kebijakan kedepannya, sehingga calon mahasiswa Ekonomi Pembangunan harus memiliki kriteria berikut, diantaranya; teliti, tekun, detail, kritis, rasional, observan, terstruktur, independen, senang berhitung, berwawasan luas, senang menganalisis, senang melakukan riset, senang memecahkan masalah dan bisa bekerja dengan tim.

Ekonomi Pembangunan menjadi jurusan yang tepat terutama bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari ilmu ekonomi. Jurusan ini menjadi pertimbangan yang tepat karena berpeluang besar  untuk turut serta berperan mewujudkan pembangunan negara di masa depan. Banyaknya peminat di jurusan ini salah satunya dipengaruhi oleh prospek kerjanya yang bagus. Kiprah lulusan Ekonomi Pembangunan memang dikenal bagus di dunia kerja sebut saja seperti Ibu Sri Mulyani (Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia yang juga menjadi Menteri Keuangan Indonesia saat ini), Boediono(Wakil Presiden RI periode tahun 2009 -2014), Armida Alisjahbana (kepala BAPPENAS pada kabinet Indonesia Bersatu), Andrea Hirata (novelis tetralogi terkenal Laskar Pelangi) dan masih banyak lagi.

Berikut merupakan prospek kerja bagi lulusan Ekonomi Pembangunan

1. Ekonom

Ekonom merupakan sebutan untuk para profesional ahli ekonomi. Ekonom merupakan seorang pemikir dan banyak berjasa dalam ilmu ekonomi dan sering melakukan penelitian dan berbagi pemikiran terkait isuisu sosial ekonomi serta sering mengkritisi suatu kebijakan ekonomi.

2. Pengajar Bisnis

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi pengajar studi bidang adminstrasi bisnis kepada siswa sekolah maupun mahasiswa. Topik yang umumnya diajarkan adalah mengenai akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, tenaga kerja, riset operasi dan lain sebagainya.

3. Pengajar Ekonomi

Mengajarkan suatu bidang ekonomi kepada siswa sekolah atau mahasiswa, biasanya pengajar ekonomi menggunakan metode mengajar dengan penelitian.

4. Analis Anggaran

Ialah seorang yang memeriksa estimasi anggaran, baik kelengkapan, keakuratan dan kesesuainnya. Analisi anggaran memperkirakan bagaimana dana bisa mencukupi dan memeriksa kesesuaian penggunaan dananya.

5. Analis Kredit

Ialah seorang yang bertugas menganalisis data pinjaman keuangan perseorangan maupun perusahaan. Analis kredit juga menyiapkan laporan dengan informasi kredit sebagai bahan pengambilan keputusan.

6. Juru Taksir

Merupakan seorang yang ahli dan bertugas untuk memperkirakan dan menaksir nilai barang untuk kepentingan tertentu. Biasanya ini berkaitan dengan lelang.

7. Akuntan

Merupakan seorang yang bertugas memonitor dan mencatat alur keuangan di suatu perusahaan atau organisasi.

8. Aktuaris

Ialah seorang ahli dalam hal mengukur dan manajemen resiko usaha serta ketidakpastiannya dan bagaimana menemukan solusi yang tepat.

9. Analis Logistik

Merupakan seorang yang ahli dalam menganalisis proses pengiriman produk atau pasokan untuk menganalisis dan menemukan solusi terkait perubahan, dapat dikelola melalui aktivitas rute, termasuk faktur dan tagihan elektronik.

10. Analis Keuangan

Merupakan seorang ahli yang handal dalam melakukan analisisanalisis kuantitatif tentang informasi keuangan yang mempengaruhi program investasi serta handal dalam menetapkan kebijakan keuangan.

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan tidak hanya seperti yang disebutkan diatas, banyak prospek kerja lainnya yang relevan dengan Ilmu Ekonomi. Ekonomi Pembangunan sendiri bisa berbaur dengan segala macam jenis pekerjaan karena hampir seluruh aktivitas manusia berkaitan dengan ekonomi. (Putri Amelia)

Editor: Jannah

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.