DarussalamOrienteering merupakan salah satu cabang olahraga alam bebas di mana para pesertanya disebut sebagai orienteers. Olahraga ini membutuhkan perpaduan kemampuan fisik dan keterampilan navigasi pada medan perlombaan. Keunikan orienteering sebagai ciri khas olahraga ini adalah mencari dan menemukan rute terbaik dalam melintasi suatu medan atau daerah yang tak dikenali dengan waktu secepat mungkin.

Saat ini, orienteering sudah bernaung di bawah Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) di bawah ketua umum Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP. Di Aceh sendiri, FONI sudah dideklarasikan sejak tahun 2021, dan pada akhir tahun 2022 telah terbentuk kepengurusan yang diketuai oleh Abdul Mukti, S.E., M.A, MBA.

Olahraga ini sudah sangat familiar di kalangan militer dan penggiat alam bebas. Namun, di kalangan masyarakat umum, masih banyak yang belum mengetahui jenis dan  bagaimana sistem perlombaan olahraga ini terutama di Aceh. Oleh karena itu, perlu diadakannya sosialisasi dan pelatihan tentang orienteering kepada masyarakat.

Dalam waktu dekat, FONI Aceh akan mengadakan sebuah event Orienteering Training yang bertemakan “Introduce, Up-skill, Winner” pada tanggal 15 Februari 2023 bertempat di Ruang Kaca Lt. II Gedung Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Darussalam. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan kepada masyarakat Aceh tentang olahraga orienteering di bawah FONI Aceh dan penyerahan SK kepada pengurus Kabupaten/Kota se-Aceh. Bagi para mahasiswa, siswa dan masyarakat umum yang memiliki ketertarikan dapat bergabung dalam kegiatan ini dengan mendaftarkan diri melalui : https://forms.gle/52CAQ5FsuHKvPV9H7 secara gratis.

Kegiatan ini nantinya akan dihadiri oleh Wakil I Pimpinan DPRA Bpk. H. Dalimi, S.E.,Ak.CA, Bpk.Jamaluddin, SE.,M.Si,Ak sebagai Dewan Penasihat FONI Aceh, serta Kapten Ahmad Risman Nasution, Czi sebagai pembina. Acara ini juga akan dibuka oleh Perwakilan dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Daerah Aceh (KORMINDA) yang akan turut serta hadir pada saat kegiatan berlangsung nanti.

Dikirim oleh : Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI)

Editor : Perspektif/Raihan