Peran Mahasiswa di Era Society 5.0 Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan SDG’S

DarussalamMenghadapi perubahan dan perkembangan zaman yang semakin cepat dan pesat pada saat ini, di mana baru memasuki era revolusi industri yang bergeser ke era society 5.0. Generasi muda memegang peranan penting dalam kemajuan zaman, segala potensi yang dimiliki menjadi penentu bagaimana kualitas bangsa Indonesia di masa depan. Pemuda Indonesia harus memiliki banyak inovasi, hal itu bisa menjadi modal penting untuk menghadapi era society 5.0.

Seiring kemajuan teknologi, sosial media menjadi sangat penting dalam berkomunikasi. Di era digitalisasi ini, sangatlah mudah bagi kita kaum milenial untuk mengakses sosial media, apakah itu untuk hiburan ataupun mencari informasi. Dengan menggunakan sosial media, kita dapat menyebarkan ilmu atau literasi, salah satunya yang berkaitan dengan SDG’s. Karena dengan menggunakan sosial media ini, para pemuda dapat mengerti bagaimana pembangunan berkelanjutan SDGstersebut.

Pembangunan Berkelanjutan SDG’s menjadi suatu rencana aksi global dalam mengatasi dan mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Mahasiswa sebagai generasi muda di era milenial yang menjadi pilar untuk memajukan bangsa, dapat mengambil peran dalam menjalankan program SDG’s untuk membawa Indonesia menjadi negara maju dengan memanfaatkan perkembangan zaman. Banyak cara dapat dilakukan dalam program aksi ini, salah satunya cermat dalam memilah informasi.

Dalam hal ini, kita harus bijak dalam menggunakan sosial media. Karena zaman sekarang, anak muda mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. Seperti menyebarkan berita hoax ataupun cyber bullying.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari generasi milenial, kita harus berhati-hati dalam menggunakan sosial media di era society 5.0 ini. Apalagi sekarang dunia pendidikan menyediakan platform pembelajaran daring. Jadi kita diharapkan untuk lebih bijak dalam mengakses hal tersebut. Gunakanlah platform daring tersebut untuk hal-hal seperti membudayakan literasi online.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.