Alya Kirana; Perjalanan Bisnis dari Sheet Mask hingga Casing

Alya Kirana, Sukses Berbisnis Casing Hape (Ilustrasi : Muchsalmina)

Darussalam – Bebas secara finansial dan memiliki penghasilan sendiri di usia muda merupakan hal lumrah yang diimpikan semua orang. Tak terkecuali bagi Alya Dara Kirana. Gadis kelahiran Langsa, dua puluh satu tahun silam. Nah, siapa sangka bahwa berkat bisnis online yang dijalaninya ia bisa mewujudkan hal tersebut?

Kirana sapaan akrabnya, Mahasiswi Manajemen FEB Unsyiah ini telah membuktikannya. Berbekal tekad untuk mengganti gawainya yang ketika itu rusak, Kirana yang masih duduk di bangku SMA mulai berbisnis online dengan menjual Sheet mask. Mengesankan, Berselang tiga bulan dari penjualan pertamanya, uang sejumlah 4,5 juta rupiah akhirnya mampu dia raup. Wow!

Berawal dari sanalah bisnis online yang digeluti Kirana mulai menuju kejayaannya, bahkan ketika itu di kota tempat tinggalnya Lhokseumawe, Kirana menjadi penjual sheet mask yang cukup diperhitungkan. Tercatat banyak reseller yang bernaung dibawahnya, tak heran bila masa itu Kirana dianggap bandarnya sheet mask Lhokseumawe.

Lama berselang, akibat kian menjamur penjual sheet mask serupa, Kirana harus berpuas mendapat untung yang jauh lebih rendah dari masa jayanya. Namun hal ini tentu tak membuatnya urung dan menyerah begitu saja.

Akhirnya, pada awal Oktober 2018, ketika ia telah hijrah menuju Banda Aceh ia mulai kembali aktif  berjualan online. Karena dirasa produk kecantikan telah banyak dijual, Kirana mulai melebarkan sayap bisnis nya menjadi berjualan casing berbagai tipe gawai. Hasilnya tak mengecewakan, terhitung dalam satu kali membuka purchase order Kirana bisa mencetak laba mulai dari 1 hingga 2,5 juta rupiah, mengesankan!

Ditilik dari perjalanannya, Kirana tak menampik bahwa hal-hal pahit juga pernah ia rasakan. Mulai dari pembeli yang tiba-tiba membatalkan atau bahkan kabur ketika proses pembelian belum diselesaikan pun tak jarang ia dapatkan.

“Karena customer yang begitu Aku pernah nangis, emang beneran nangis. Kan case ini beda ya buat tipe-tipe hp nya, jadi Aku tuh nangis karena buat jual case yang ready itu lumayan susah.” Aku Kirana.

Nah, baru-baru ini hal pahit juga tengah Kirana rasakan lho! Akibat merebaknya virus Corona, barang purchase order yang dia impor dari China pada bulan lalu harus tertahan cukup lama. Terhitung, lebih dari sebulan barang tak kunjung datang. Hal ini tentu saja cukup meresahkan Kirana, sebab pelanggannya sudah lama menunggu bahkan hingga komplain.

Menurut Kirana, kesuksesannya kini tak lepas dari sokongan orang tuanya. Baginya, meskipun kedua orang tuanya tidak memiliki latar belakang sebagai pengusaha, mereka adalah pengarah Kirana dalam menjalankan bisnisnya. Tak jarang, saran dari orang tuanya lah yang konon bisa menguatkan Kirana ketika hal pahit yang berhubungan dengan pelanggan tengah ia rasakan.

Kini, di usianya yang hampir genap berusia 21 tahun, Kirana terbilang cukup sukses dalam dunia perbisnisan online. Kedepannya, Kirana berharap bisnisnya kian berkembang dan terus melaju. Semoga terwujud ya! (Jamal/Perspektif)

Editor : Cynthia Ramadhani