Ilustrasi by Vannadisme

Darussalam – Biaya menjadi salah satu kendala seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi bukan berati tidak bisa, banyak cara untuk bisa mencapai mimpi. Jawaban nya adalah beasiswa, mendengar kata beasiswa, tentu tidak jauh-jauh dari lingkungan pelajar dan mahasiswa. Bagaimana tidak, mendapatkan beasiswa merupakan salah satu mimpi banyak pelajar dan mahasiswa. Karena dengan adanya beasiswa baik yang diberikan oleh pemerintahan maupun lembaga swasta, akan sangat membantu meringankan beban biaya pendidikan yang tentu nya tidak bisa dibilang murah, oleh karena itu wajar banyak mahasiswa yang mengincar beasiswa.

Dikarenakan banyak dari mahasiswa yang mengincar beasiswa, tak heran jika semua program beasiswa mempunyai peminat yang banyak, persaingan yang ketat dalam persaingan, dan tak lepas dari penyeleksian berkas yang ketat. Maka dari itu untuk bisa bersaing dengan banyak nya pendaftar,tentu saja kita harus punya keunggulan dan kelebihan yang bisa menjadi acuan penilaian dalam penyeleksian, dan trick yang bisa membantu .

Maka dari itu kita harus punya tips & trick untuk bisa membantu kita dalam proses pendaftaran beasiswa sehingga memberikan hasil yang memuaskan, apa saja tips& trick tersebut?

Yuk simak tips & trick berikut:

  1. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS PENCARI BEASISWA. Agar tidak ketinggalan informasi seputar beasiswa, kamu bisa bergabung dengan forum atau komunitas pencari beasiswa, dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan informasi beasiswa dan juga pengalaman-pengalaman dari orang-orang telah lulus beasiwa sebelum nya.
  1. JANGAN LEWATKAN BEASISWA YANG MENSYARATKAN ESSAI. Karena ada sebagian mahasiswa yang malas dengan penulisan essai banyak yang akan melewatkan kesempatan ini, oleh karena itu kamu bisa berusaha membuat essai sebagus mungkin dan memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji keberuntungan kamu.
  1. USAHAKAN NILAI KAMU MASUK GRADE TINGGI. Sekarang banayak lembaga yang memberi persyaratan indeks prestasi si pendaftar beasiswa harus tinggi, oleh karena itu pertahankan prestasi akademik mu, dan teruslah belajar.
  1. JANGAN GEGABAH, PERIKSA DAN KOREKSI KEMBALI. Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat kamu didiskualifikasi. Periksa dan koreksi kembali essai kamu jika beasiswa yang kamu daftar mensyaratkan untuk menulis essai.
  1. LENGKAPI SEMUA PERSYARATAN. Ini merupakan hal yang sangat penting, karena kelengkapan persyaratan dan berkas sangat diperhatikan oleh pihak pemberi beasiswa.
  1. KIRIM LEBIH AWAL. Jangan tunggu tanggal jatuh tempo, percepat proses persiapan berkas untuk mengantisipasi masalah dengan situs, koneksi internet atau masalah teknis lainnya. Dan kamu juga bisa mengecek kesalahan, sebelum mengirim berkas.
  1. AJUKAN BEASISWA SEBANYAK MUNGKIN. Luangkan waktu mu untuk mencari dan melamar beasiswa, selama masih ada kesempatan, ajukan beasiswa sebanyak mungkin.
  1. MENCATAT PROGRAM BEASISWA YANG RUTIN. Ini bertujuan agar menjadi pengingat kamu untuk mempersiapkan diri, dan jika kamu gagal tahun sebelum nya, tetap semangat dan terus periksa program beasiswa terssebut setiap tahun nya agar kamu tidak melewati proses pendaftaran.
  1. JANGAN MENYERAH! Jika kamu belum mendapatkan beasiswa jangan menyerah sampai disitu, masih banyak kesempatan yang menunggumu, jangan menyerah! (Rezi/Ana/ Perspektif)