Diawali Oleh Mahasiswa Angkatan 2018, Kini Unsyiah Miliki Syarat Pra-sidang Terbaru

Foto by Puan Hayati

Darussalam –  “Rektor memberlakukan syarat sidang kelulusan terbaru, benar atau hoax?

Terdengar sejak tahun 2018 silam hingga sekarang mahasiswa masih bertanya-tanya  dengan munculnya keharusan untuk bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) Olahraga bagi angkatan 2018 sebagai pra – syarat sidang kelulusan. Namun, isu tersebut dianggap hanya angin lalu oleh sebagian mahasiswa Unsyiah.

Perihal kabar yang berhembus tersebut membuat rasa penasaran mahasiswa kian membutuhkan kepastian dan kejelasan dari pihak-pihak yang terkait.  Ternyata setelah dikonfirmasi, sertifikat UKM Olahraga yang akan menjadi syarat pra- sidang memang sebuah syarat yang harus dipenuhi.

Nyatanya, Universitas Syiah Kuala yang memiliki banyak Organisasi Mahasiswa ( ORMAWA ) dengan berbagai jenis, termasuk dalam cabang olahraga. Hal itu kian menjadi salah satu acuan dalam syarat kelulusan nantinya. Mengapa tidak? Setiap mahasiswa harus aktif dalam setiap UKM yang diikutinya untuk mendapatkan sertifikat yang akan menjadi salah satu pra-syarat sidangnya.

“ Benar adanya tentang keharusan mengikuti UKM Olahraga sebagai bentuk melengkapi pra – syarat kelulusan, bahkan kami para Dekan dan Wakil Dekan dari setiap Fakultas telah mengadakan rapat untuk membahas perihal tersebut. Sebaiknya mahasiswa tingkatan 2018 dan 2019 mempersiapkan dari sekarang agar saat sidang kelulusan nanti tidak keteteran. “ jelas Murkhana selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB Unsyiah.

Tak sampai disitu, Pro – kontra pun muncul di kalangan mahasiswa dalam menanggapi isu tersebut. Banyak dari mereka mengeluh dengan adanya kebijakan itu, karena sebagian dari mahasiswa telah aktif mengikuti satu atau bahkan lebih UKM baik itu tingkat Fakultas maupun Universitas. Mereka berpendapat bahwa akan sulit membagi waktu jika terlalu banyak UKM yang diikuti, terlebih lagi kabar yang telat. Akibatnya banyak mahasiswa yang tidak sempat mempersiapkannya.

Sementara  itu, Murkhana selaku WD 3  FEB Unsyiah pun menyetujui keputusan Rektor terkait pemberlakuan syarat sidang baru untuk kelulusan. Menurut beliau dengan banyaknya aktivitas mahasiswa di cabang Olahraga maka Universitas Syiah Kuala akan memberikan terobosan baru dengan adanya generasi sehat di masa mendatang. Demikian, akan lebih baik bagi mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 ini untuk segera bergabung di UKM Olahraga baik tingkat Fakultas maupun Universitas.(Cyn/Mol/Perpektif)