FIEL 2020 Hadir Secara Virtual dengan Tema “Islamic Economic As Solution of World Economy”

Banda Aceh – Tepat pada hari ini, Selasa (24/11), acara tahunan Festival Ilmiah Ekonomi Islam (FIEL) yang diselenggarakan oleh Islamic Economic Students Assosiation (iESA) kembali hadir. FIEL 2020 mengusung tema “Islamic Economic As Solution of World Economy”, dengan implementasi Ekonomi Islam sebagai solusi dari perekonomian dunia. Acara ini berlangsung secara virtual melalui Zoom dan Live Youtube mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk kota Banda Aceh.

Pembukaan FIEL 2020 dimeriahkan dengan penampilan tarian kreasi Rabbani Wahed. Serta dibuka oleh kata sambutan dari Ketua Umum iESA, M. Haiqal Maulana yang menyatakan bahwa pengangkatan tema “Islamic Economic As Solution of World Economy” ini didasari sistem ekonomi kapitalis telah dianggap gagal dan sistem ekonomi islam hadir sebagai solusi untuk permasalahan ekonomi di dunia. Begitu juga dengan kata sambutan dari Ketua Prodi Ekonomi Islam FEB Unsyiah, Dr. Eddy Gunawan M.Ec dan Wakil Rektor III, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC yang menyatakan selamat atas terselenggaranya acara FIEL 2020 ini. Penutupan pembukaan ditutup dengan pembacaan doa dari mahasiswa Prodi Ekonomi Islam, Muhammad Azwar.

Acara selanjutnya adalah acara yang paling dinantikan yaitu Webinar FIEL 2020 Volume 1 dengan tema “The Role of Islamic Economic and Islamic Finance Resolve The Economic Problem in The Midst Of Pandemic” menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dr. Irfan Sauqi Beik S.P., M.si selaku Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Prof. Dr. Nurul Huda, S.E., MM., M.Si selaku Pengurus Badan Wakaf Indonesia, dan Dr. Hafas Furqani, M.Ec selaku Praktisi Ekonomi Syariah. Pada webinar ini, Dr. Ridwan Nurdin, S.E., MA selaku dosen Prodi Ekonomi Islam ditunjuk sebagai moderator webinar.

Webinar Nasional Vol. 1 menjelaskan mengenai pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan ekonomi secara global dan ekonomi halal sebagai salah satu solusinya, hingga branding Aceh merupakan keunggulan komparatif bagi investasi halal. Selanjutnya, pada Webinar ini juga membahas mengenai implementasi dan inovasi zakat di era New Normal yang disampaikan oleh Dr. Irfan sebagai keynote speaker.

FIEL 2020 berlangsung selama tiga hari ke depan, dimulai dari tanggal 24-26 November 2020 dengan menghadirkan acara berisi Webinar Volume 2 dan Kajian Talkshow Milenial, serta lomba-lomba lainnya. Adapun lomba yang diadakan seperti Penulisan Esai Nasional, Micro Blog, dan Digital Campaign. Dengan berlangsungnya lomba ini diharapkan mahasiswa dapat berpartisipasi dan dapat mengasah kemampuan mereka. (A&S)

Editor : Abi Rafdi