Kuy Mahasiswa, Kenali Dosen-mu Mulai Sekarang!

Ilustrasi by Puan

Darussalam – Tak terasa sudah akan selesai tahun 2019,  yang dimana menjadi tanda akan berakhirnya semester ganjil, baik bagi mahasiswa lama ataupun mahasiswa baru yang tengah asyik menikmati semester pertama. Tentunya bagi mahasiswa lama, tugas dan waktu ganti mata kuliah adalah makanan sehari-hari mereka di Kampus selama satu minggu biasanya.

Siklus yang seperti itu tentunya cukup membosankan bagi sebagian mahasiswa lama. Terkadang kalimat yang tidak asing lagi mungkin akan menggema, “Capek kuliah!”. Bagi mahasiswa baru yang tidak tahu-menahu mungkin belum mengetahui seberapa unik penderitaan mahasiswa lama.

Bahkan penderitaan tak jarang datang dari dosennya sendiri. Kenapa begitu? Gimana kalau kita sekalian simak tipe-tipe dosen yang mungkin dosen mu masuk kategorinya? Skuy!

1. DI

DI bukan BI geng. Dosen Impian atau singkatnya DI, nah, tipe-tipe dosen ini biasanya paling banyak diminati sama semua mahasiswa. Kenapa? Soalnya tiap masuk kelas tuh kadang tepat waktu, kalau pun telat pasti bakalan mengabari mahasiswa-nya. Setiap masuk kelas disaat dia ngajar bakalan membawa energi positif sampe mahasiswa lainnya semangat masuk.

Biasanya sih dosen yang termasuk kedalam tipe ini masih muda, kadang ada yang masih single atau freshgraduate, kalau pun sudah sold out pastinya baru-baru nikah. Soal tugas? Jangan tanya, dosen ini pendengar yang baik bagi mahasiswa, tugasnya ringan – biasanya cuman cari artikel aja terus dikumpul.

2. BDB

BDB bukan penyakit DBD geng. Bukan Dosen Biasa (BDB), tipe ini hampir sama kayak tipe DI, cuman yang membedakannya adalah kinerja dikelas dan tugas yang akan diberikan. Sifatnya? Asyik, semacam lagi diajarin sama temen sebaya, soalnya dosen tipe ini aktif, beliau bakalan sering ngajak kamu buat berpendapat atau diskusi tentang mata kuliahnya.

Kadang mahasiswa yang duduk di belakang bakalan menjadi inceran sama tipe dosen BDB ini, soalnya berhubung dia tau tipe-tipe mahasiswanya, makanya pendekatan beliau paling poll. Rentan umur dosen ini bisa 28 atau 39 tahun, yang dulunya pasti anak ormawa saat kuliah.

Mengenai tugas, bukan main-main nih. Biasanya dia bakalan suruh mahasiswanya bikin kelompok untuk re-search tentang isu-isu yang lagi dibahas di tahun 2019, ataupun mengenai lingkungan sekitar kampus.

3. DKM

Dosen Kasat Mata adalah tipe dosen yang bisa dikatakan antara ada dan tiada. Dosen tipe ini jarang masuk, beliau sibuk kuliah diluar atau mengajar di tempat lain, alasannya begitu, tapi ini malah menjadi dosen favorit bagi sebagian mahasiswa, soalnya tidak terbebani dengan mata kuliahnya, tapi bagi mahasiswa yang rajin adalah musibah, soalnya jarang belajar.

Absensi biasanya mudah, tugas? Santay, asal kalian mengerjakan dan mengunpulkannya tepat waktu, dosen tipe ini bakalan kasih nilai lebih ke kamu. Eits, tapi buat kamu yang memulai meremehkan beliau, cukup hati-hati aja, bisa-bisa kamu tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

4. ID

Infinity Dosen. Dosen ini biasanya ga tanggung-tanggung waktu dia mengajar di kelas, biasanya bakalan lewat dari waktu yang ditentukan, dan mahasiswa paling suka nih membicarakannya karena bakalan bikin mereka lama keluar kelas.

Tipe dosen ini biasanya suka membicarakan soal mata kuliahnya dengan mengaitkan cerita tentang kehidupan yang sudah beliau alami, sampai-sampai mahasiswanya bakalan hafal riwayat kehidupannya.

Berbicara tugas, mohon maaf nih, siapkan batin kalian untuk menghadapi dosen ini, beliau bakalan memberikan tugas yang bahkan hitungannya kalian bisa membeli double folio sepack atau mengeluarkan uang banyak untuk print makalah.

5. DO

Tipe DO ini adalah Dosen rasa Orangtua. Cara mengayomi mahasiswanya sama seperti seorang orangtua kepada anak-anaknya, bisa lembut ataupun tegas. Di kelas, beliau mengajar secara lengkap menerangkannya, sampai kadang mempromosikan buku yang dia pakai untuk kebutuhan teori.

Mengenai tugas, beliau sangat kompetitif, niat beliau menginginkan mahasiswa atau anak-anaknya dapat berkembang lebih ketimbang dia dan melebihi sosoknya dengan visi agar setelah lulus nanti memang dapat berguna bagi lingkungan sekitarnya.

6. DK

Dosen Killer ini adalah tipe yang cukup ditakuti oleh mahasiswa. Anggapan mahasiswa sendiri biasanya didapat dari abang atau kakak letting atas yang sudah pernah merasakannya. Di kelas, beliau mengajar dengan gaya formal selayaknya seorang dosen yang sebenarnya dosen, hingga untuk mahasiswa yang mau mengobrol saja tidak bisa.

Tugas adalah kewajiban yang harus dituntaskan bagi kalian, menurut beliau. Biasanya tugas yang diberikannya sangat berkaitan dengan mata kuliahnya, atau malah Ia berharap mahasiswanya dapat selangkah lebih maju dibandingkan dia sendiri.

Itulah 6 tipe-tipe dosen yang mungkin saja dosen mu masuk salah satu kategorinya. Tapi, terlepas dari tipe-tipe dosen yang ada, semua dosen adalah sama, satu dosen, yang membedakannya adalah sikap dan caranya mengajar, baik atau buruknya, Ia adalah dosen, yang seharusnya dihormati.

Teruntuk kalian, tujuan kalian berada dikampus adalah menutut Ilmu, mempertajam wawasan lagi hingga lulus nanti dapat berguna. Kerjakan tugas selagi bisa, apabila berhalangan, kabari dosen mu, minta dispensasi, tetapi utamakan kejujuran, dosen itu manusia, beliau akan mengerti. Jangan sia-siakan waktu mu di kampus, kawan! Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. (Vanna & Sunshine/Perspektif)