Dukung Inklusi Keuangan, Unsyiah Investment Club dan OJK Aceh Gelar AKSSESKU

Unsyiah Investment Club (UNIC) baru saja  menyelenggarakan kegiatan bertajuk Satukan Aksi Keuangan Inklusif Untuk Indonesia Maju (AKSSESKU), bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh.  Dalam rangkaian kegiatan tersebut, lomba trading saham untuk Masyarakat Aceh dan  Mahasiswa Nasional yang diikuti 70 kampus di seluruh Indonesia telah sukses dilaksanakan setelah para peserta bertanding merebut gelar jawara dari tanggal 2 hingga 27 November 2020. Puncaknya, pada Senin, (30/11) diadakan Webinar nasional dengan tema “Strategi Momentum Pasar Modal dalam Meningkatkan  Pertumbuhan Ekonomi di Era Millenial ditengah Resiko Resesi Global 2020” menjadi penutup dalam kegiatan tersebut.

Dibuka langsung oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng, ia berharap kegiatan ini menjadi media strategis dalam rangka meningkatkan literasi investasi bagi Masyarakat Aceh, khususnya Mahasiswa Unsyiah.

Setelah rangkaian pembukaan webinar dilaksanakan, webinar yang dipandu oleh Fathurrahman Anwar S.E., MBA pun dilangsungkan dengan menghadirkan tiga pembicara ahli di bidang pasar modal. Hasan Fauzi selaku Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi pembicara pertama yang membahas seputar pasar modal ketika resesi akibat pandemi. Selanjutnya Muhammad Touriq selaku Direktur Direktorat Statistik dan Informasi Pasar Modal menjelaskan lebih rinci seputar data-data serta statistik pasar modal ketika pandemi. Terakhir, Frisca Devi Choirina, founder Investor Saham Pemula dan penulis buku Yuk Belajar Saham memberikan insight terkait dunia investasi yang memang sudah seharusnya dilakukan oleh kaum millennial.

Muhammad Rizki Ramadhan atau akrab disapa Madan, selaku ketua umum UNIC berharap ke depannya agar event yang dibuat UNIC lebih terbuka pada semua lapisan serta dengan skala yang lebih besar. Masih menurut Madan, dengan diselenggarakannya acara AKSSESKU ini ia berharap mahasiswa yang telah terlibat pada kegiatan ini akan melek terhadap dunia pasar modal dan memulai investasi sejak dini.

Senada dengan Madan, Duta Ananda Pratama selaku Ketua Panitia juga berharap kegiatan ini meningkatkan literasi keuangan serta memberikan insight terkait ranah dan sistem yang ada di pasar modal.

“Semoga investasi di pasar modal nantinya menjadi gaya hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya masyarakat elit ataupun eksklusif,” yutup Duta dengan penuh harap. (Jamal)

Editor : Abi Rafdi