BeritaKampusStraight News

Program CIS, Edukasi Mengenai Pilihan Konsentrasi & Magang Bagi Mahasiswa

×

Program CIS, Edukasi Mengenai Pilihan Konsentrasi & Magang Bagi Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
By: fauzan

Darussalam – Concentration and Internship Seminar (CIS) merupakan program tahunan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) yang kembali diadakan dengan mengusung tema “Be Wise In Determining Your Concentration Choices For A Better Future” yang dilaksanakan pada Sabtu (27/04) di Balai Sidang FEB USK. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Dr. Darwanis, S.E., M.Si., Ak. CA., Ketua Jurusan Akuntansi Prof. Dr. Heru Fahlevi, S.E., M.Sc., Pembina HIMAKA Dr. Syukriy Abdullah, S.E., M.Si., Koordinator  Prodi S1 akuntansi Dr. Riha Dedi Priantana, S.E., Ak., M.Si., dan Ketua Umum HIMAKA Muhammad Alwafi.

Pembukaan acara diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia Jul Hendri Ramadhani sampai dengan kata sambutan dari WD 1 Dr. Darwanis, S.E., M.Si. Ak., CA. Ketua Jurusan Akuntansi Prof. Heru Fahlevi, S.E., M.Sc. juga turut memberikan kata sambutan, ia mengatakan bahwa kegiatan CIS ini diadakan karena melihat adanya kesenjangan antara jumlah mahasiswa yang lebih condong ke satu konsentrasi saja sementara jumlah dosen pembimbingnya tidak sebanding dengan peminatnya.

“Kami melihat adanya kesenjangan jumlah mahasiswa dalam memilih konsentrasi, mayoritas mahasiswa hanya terfokus pada salah satu konsentrasi saja, sehingga menimbulkan satu konsentrasi tersebut memiliki banyak peminat namun sedikit dosen pengajarnya,” ucap Prof. Dr. Heru Fahlevi, S.E., M.Sc. selaku Ketua Jurusan Akuntansi FEB USK.

Jurusan Akuntansi sendiri memiliki 5 konsentrasi yaitu Akuntansi Manajemen, Akuntansi Syariah, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan, dan Sistem Informasi Akuntansi. Oleh sebab itu, salah satu tujuan CIS diadakan yaitu untuk memberikan pengetahuan yang luas mengenai konsentrasi apa saja yang terdapat di jurusan akuntansi, sehingga dapat menghilangkan kesenjangan tersebut.

Selain itu, seminar konsentrasi dan magang ini bertujuan untuk mengedukasi kepada seluruh mahasiswa akuntansi FEB USK mengenai pemilihan konsentrasi yang tepat khususnya pada angkatan 2021 dan pemahaman terkait magang. Pemaparan materi dalam kegiatan seminar ini dipaparkan langsung oleh dosen-dosen yang expert pada masing-masing konsentrasi dan yang bertanggung jawab pada program magang S1 maupun D3.

Pemaparan materi yang dipandu oleh moderator Shally Taria ini berlangsung dengan penjelasan dari dosen-dosen yang ahli pada bidangnya masing-masing, mereka menjelaskan terkait pengertian dari masing-masing konsentrasi, mata kuliah yang berhubungan dengan konsentrasi tersebut baik mata kuliah pra-syarat maupun mata kuliah utamanya, profesi lulusan, keunggulannya, dan riset.  Tidak hanya mengenai konsentrasi, seminar ini juga diadakan untuk mengenalkan dan menjelaskan program magang yang dimiliki USK. Maka dari itu, mahasiswa tidak perlu khawatir jika tidak diterima magang dari program nasional, mahasiswa masih bisa mendapatkan pengalaman di dunia kerja melalui program magang yang diadakan MBKM USK Unggul.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa akuntansi FEB USK dapat menentukan dan mengambil keputusan terkait peminatan konsentrasi yang akan dipilih ke depannya.

“Saya berharap mahasiswa akuntansi FEB USK sudah mulai untuk menentukan pilihan konsentrasinya dari sekarang. Jangan sampai salah memilih agar tidak ada kata penyesalan di kemudian hari,” ucap Jul Hendri Ramadhani selaku Ketua Panitia.

(Perspektif  Khairu A./Nabila Anris)

Foto: T.M.Fauzan

Editor: Nyak Shafika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *