Ratu Riccha Fachira; Dari Bakat Melukis menjadi Bisnis Case Grafis

Ilustrasi : Muchsal/Perspektif

Darussalam – Dunia bisnis cukup menarik untuk dibahas. Kerap kali bisnis dapat menarik munculnya ide-ide kreatif mahasiswa yang dan generasi milenial. Seperti sebuah peribahasa “Banyak jalan menuju Roma”. Dari peribahasa tersebut menunjukkan bahwa banyak cara untuk menjadi seorang entrepreneur muda . Salah satunya dengan memanfaatkan bakat dan minat yang ada dalam diri seseorang. Tak banyak orang yang mampu membawa bakat dan minatnya menjadi suatu hasil karya yang kreatif dan inovatif. Menjadi seorang entrepreneur muda dibutuhkan keberanian dari pribadi masing-masing.

Ratu Riccha Fachira, mahasiswi tingkat akhir Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, dengan bakat melukisnya mampu membuat dirinya menjadi pribadi yang mandiri dengan menghasilkan pendapatannya sendiri.

Awalnya, ia yang memang hobi melukis mencoba membuat sesuatu yang baru dengan mengimplementasikan hasil gambarnya pada case handphone untuk dirinya sendiri. Kemudian hasil karyanya ia posting ke sosial media. Tak disangka, ternyata ada beberapa temannya yang tertarik dengan desain case grafis dari Ratu. Hal inilah yang menjadi titik awal Ratu untuk berbisnis.

Kegiatannya yang kini berada pada tingkat akhir tidak membuat Ratu berhenti mengembangkan bakatnya dalam melukis case grafis. Membuat case grafis juga menjadi salah satu cara bagi Ratu untuk menghilangkan kebosanannya saat menyusun skripsi.

Perlahan tapi pasti, bisnis yang berawal dari sebuah bakat dan keberanian untuk mencoba hal yang baru membawa banyak hal positif dalam kehidupan sehari-hari mahasiswi yang kerap disapa Ratu ini.

“Menjadi lebih mandiri dan lebih mengerti bagaimana cara menghitung keuangan. Dan juga menjadi lebih mengerti cara mengambil keputusan dan menjadi lebih berani,” tutur Ratu.

Hal yang baik mampu menjadikan seseorang menjadi lebih baik pula. Hal ini pula yang dirasakan Ratu saat mulai membangun dunia bisnisnya. Ratu juga mengatakan bahwa dengan memulai bisnis case grafis, ia dapat mengenal lebih banyak orang dan ikut merasakan kebahagiaan saat hasil karyanya dapat membuat orang lain bahagia saat menggunakannya.

Menjadi seorang entrepreneur memanglah tidak mudah. Namun waktu membiarkan kita untuk terus mencoba dan mencoba. Jangan takut untuk gagal, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Teruslah mengembangkan ide-ide baru yang ada dalam pikiran dan diri kita. Karena yakinlah, kesuksesan tidak akan diperoleh dengan cara yang instan. (Jannah/Perspektif)

Editor : Abi Rafdi