Hei Anak Ekonomi, Kenali Empat Kahim Baru Kamu!

Darussalam — Kalender telah berganti. Angka 2019 telah bergerak menuju 2020. Itu artinya, ada euforia dan semangat baru yang harus dimunculkan dalam menyongsong setiap perubahan. Tak terkecuali lingkungan organisasi mahasiswa (ormawa) di lingkungan Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Unsyiah.

Kampus berjuluk “Kampus Kuning” ini telah melangsungkan dinamikanya sebagaimana biasa. Lazimnya, ormawa yang bernaung di bawah Kampus Kuning melangsungkan pergantian kepengurusan setiap akhir tahun.

Tak ketinggalan, ormawa yang mewadahi serta merepresentasikan mahasiswa program studi di Ekonomi atau akrab disebut Himpunan, juga telah merampungkan pergantian kepengurusan masing-masing pada Desember lalu.

Empat himpunan jurusan di Ekonomi, yakni; Himadipa, (Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Pembangunan), HMM (Himpunan Mahasiswa Manajemen), Himaka (Himpunan Mahasiswa Akuntansi), serta iESA (Islamic Economic Student Association), kini telah memiliki struktur kepengurusan yang baru untuk tahun 2020.

Tentunya pula, masing-masing himpunan ini telah memiliki sosok nahkoda baru yang akan memimpin perjalanan kepengurusan setahun ke depan. Mari mengenal lebih dekat empat nahkoda baru tersebut. Hei anak Ekonomi, kenali empat kahim baru kamu!

  1. Muammar Iqram, Memenangkan Pemira Himadipa dengan 151 Suara

Kita buka dengan kapten baru himpunan tertua di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Himadipa melangsungkan Musta (Musyawarah Tahunan) pada tanggal 14 Desember 2019 di Ruang Seminar EKP dan dilanjutkan di Zakir Kupi Darussalam. Pada Musta tersebut pula, Himadipa memilih ketua umum baru melalui sistematika Pemira (Pemilihan Raya).

Iqram menjelaskan, pada Mustayang turut melangsungkan Pemira tersebut, alur menjadi calon ketua umum Himadipa diawali dengan mengirim berkas kepada panitia pelaksana Pemira, seleksi berkas, tes baca Al-Quran, hingga pencoblosan. Iqram bersaing dengan Lutfir Nusa Rahman pada Pemira Himadipa kali ini. Akhirnya, Iqram memenangkan Pemira tersebut dengan perolehan 151 suara.

Pemuda kelahiran 22 September 1999 ini juga turut membeberkan inovasi yang akan dibuat dalam setahun kepemimpinannya.

“Kami di tahun ini lebih memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan Himadipa ke luar. Terutama untuk jurusan EKP itu sendiri, karena masih banyak orang yg belum tahu tentang jurusan EKP. Kami juga berencana mengadakan saweu sikula untuk memperkenalkan jurusan EKP lebih lanjut ke sekolah-sekolah.” Jelas Iqram.

Dalam kesempatan yang sama, Iqram juga turut menyampaikan pendapat dan harapannya bagi kelangsungan ormawa-ormawa FEB ke depannya.

“Melihat KBM (Keluarga Besar Mahasiswa) Ekonomi yang belum satu padu, kita berharap semoga kedepannya bisa lebih solid dalam membangun Ekonomi yang lebih baik lagi. Serta bisa memecahkan masalah yang ada layaknya seperti keluarga.” Tutup Iqram.

  1. Visi Besar Muammar Akram Dalam Memimpin HMM 2020

HMM melangsungkan Mubes pada tanggal 7 Desember 2019 bertempat di Balai Sidang FEB Unsyiah. Pada Mubes ini pula, HMM menunjuk Muammar Akram sebagai Keuta Umum Periode 2020.

-Kalau dipikir-pikir, nama ketua HMM ini agak mirip dengan ketua Himadipa tadi yak.-

Bersama HMM, Akram tercatat pernah menjadi ketua panitia Management Sport Competition 2018, acara olahraga terbesar milik HMM. Di tahun 2019 lalu, ia juga duduk di jajaran presidium sebagai sekretaris Biro Hual. Pengalamannya yang cukup banyak dalam bidang organisasi ini membuat teman-teman seangkatannya tidak ragu untuk mempercayakan tongkat estafet kepemimpinan HMM pada dirinya.

“Alhamdulillah ini dorongan dan dukungan kawan-kawan dari jurusan manajemen yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi ketua umum HMM. Sehingga saya yakin dan semangat karena kawan-kawan sudah mendukung saya untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sebagai ketua selanjutnya.” Katanya.

Alumni SMAN 4 Banda Aceh yang kini berada pada semester enam perkuliahan itu juga menyebut ada beberapa inovasi yang akan ia buat. Namun, ia masih merahasiakan seperti apa inovasi yang dimaksud.

“Satu hal yang pasti setiap tahunnya ada inovasi baru disetiap kepengurusannya. Masih kami rahasiakan karena kami ingin memberi kejutan sendiri untuk kawan-kawan semua. Karena HMM suka memberi kejutan yang luar biasa. Harapan saya HMM selalu Jaya, Kompak, Bersinergi, dan mencapai tujuan bersama. Selalu siap dan menerima aspirasi dari mahasiwa manajemen!” jelas Akram dengan bersemangat.

  1. Berawal Dari Musyawarah Leting 2017, Teuku Ichsanul Dipercaya Memimpin Himaka

Kisah tersendiri dibawa Teuku Ichsanul kala menceritakan proses terpilihnya ia sebagai ketua umum Himaka periode 2020. Pemuda yang akrab disapa Te ini, menjelaskan bahwa sebelum diadakan Musta Himaka, terdapat serangkaian musyawarah lintas jurusan Akuntansi yang berasal dari S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, dan D3 Perpajakan angkatan 2017. Memang, sesuai aturan umum organisasi, pada tahun ini Angkatan 2017 yang akan memegang pimpinan Himaka.

“Alhamdulillah dari hasil musyawarah tersebut, menghasilkan nama saya terpilih sebagai calon ketua umum Himaka periode 2020.” Jelas Te.

Hasil ini membuat Musta Himaka yang berlangsung pada 8 Desember 2019 di Aula PDPK berjalan sesuai hasil musyawarah lintas jurusan Akuntansi Angkatan 2017 tersebut.

“Setelah mendapatkan hasil pada musyawarah angkatan, maka calon dari angkatan akan dibawa pada Musta Himaka. Nah, dari proses tersebut ada tujuh orang yang maju untuk ditanyakan kesediaannya sebagai calon ketua umum Himaka. Tujuh calon tadi mengerucut hingga menjadi satu calon, yaitu saya.

Berikutnya yaitu sesi fit and proper test yang bertujuan untuk menguji kesiapan dan kepatutan dari calon ketua Himaka. Setelah itu barulah masuk pada tahap penetapan sekaligus pengesahan sebagai ketua umum Himaka periode 2020.” Papar Te.

Te juga berharap untuk setahun ke depan, ada perubahan positif di tubuh KBM Ekonomi secara umum dan Himaka yang secara khusus akan dipimpinnya.

“Mengenai KBM, menurut saya untuk kebaikan bersama, kedepannya semoga suasana serta antusiasme KBM dapat lebih hidup dan aktif serta dapat dihadiri oleh lebih banyak mahasiswa agar apa yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.

Lalu untuk Himaka, semoga Himaka dapat menjadi wadah untuk berkreasi dan berinovasi bagi mahasiswa akuntansi, serta dapat menjadikan HIMAKA sebagai tempat pembelajaran baik itu manajemen waktu, tanggung jawab, kepemimpinan, serta kekeluargaan.” Imbuh Te.

  1. Melalui Serangkaian Tahap Saat Mubes, Haiqal Buktikan Layak Untuk Memimpin iESA

Meski tergolong ormawa yang masih cukup muda, iESA tak ketinggalan untuk merawat struktur organisasi layaknya ormawa lain. Mereka pun melangsungkan Mubes pada 15 Desember 2019 di Balai Sidang FEB Unsyiah. Pada Mubes ini mengeluarkan nama Haiqal Maulana sebagai nahkoda baru iESA di tahun 2020.

Haiqal menyatakan, ada serangkaian tahap yang turut diikutinya saat Mubes lalu sebelum terpilih sebagai ketua umum yang baru.

“Pada Mubes,untuk menentukan ketua umum baru, kami menggunakan sistem mengajukan dan diajukan, seperti Mubes lainnya.Setelah terdapat beberapa calon nama, lalu ditanyakan kesiapan dari setiap calon.Kemudian kami melakukan  fit and propertest, dan setelah melewati proses negosiasi yang cukup alopt, aku terpilih sebagai ketua umum iESA.” Jelas Haiqal.

Haiqal memiliki pengalaman yang cukup mumpuni di iESA. Ia menjabat sebagai sekbid logistik pada 2018 dan sekbid Kesma 2019. Tak ayal, pengalamannya ini cukup meyakinkan bagi teman-temannya untuk mengamanahkan Haiqal sebagai ketua.

Pemuda asal Bireuen ini juga menyampaikan sedikit pandangannya terhadap KBM Ekonomi.

“Di tahun sebelumnya KBM kita menampakkan kekompakannya dalam berbagai sisi yang positif.Kedepannya kita berharap di tangan Angkatan 2016 dan 2017 ini akan lebih kompak lagi dan saling membantu tanpa menampakkan ego dari ormawa, karna kita ada KBM Ekonomi.” Tutup Haiqal. (Abi Rafdi / Perspektif)