Perdana Offline, Himaka Sukses Gelar Seminar Konsentrasi

Darussalam – Memasuki tahun ketiga, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaka) kembali menggelar seminar On Concentration and Internship bertajuk “Know Your Consentration and Make Your Choice”. Seminar yang diselenggarakan perdana secara offline ini dilaksanakan pada Sabtu, 26 Maret 2022 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK). Seminar ini menghadirkan pemateri-pemateri yang andal pada bidang konsentrasinya.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Dr. rer. pol. Heru Fahlevi, SE.,M.Sc selaku Ketua Jurusan Akuntansi. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Menghadapi era dinamis, kadang kala ijazah tidak mencerminkan kompetensi. Untuk sukses di dunia kerja perlu tiga hal penting; legitimasi, skill, dan habit,” terangnya. Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada Himaka atas terselenggaranya seminar kali ini karena dirasa sangat membantu mahasiswa akuntansi untuk lebih terarah dalam memilih konsentrasi ke depannya.

Seminar ini mendapat respon baik dari mahasiswa akuntansi dan para pemateri juga memberikan apresiasi besar atas kegiatan seminar hari ini.

“Apreasiasi kepada Himaka atas seminar kali ini, karena temanya sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam menentukan peminatan dan konsentrasinya,” tutur Bapak Dr. Nadirsyah, SE., M.Si., Ak., CA.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa akuntansi tentang konsentrasi dan magang yang menghadirkan lima narasumber yaitu: Bapak Riha Dedi Priantana, SE, M.Si., Ak , Ibu Dr. Fifi Yusmita, SE. M.Si., Ak , Ibu Yulia Fitri, SE., M.Si., Ak , Bapak Drs. M. Rizal Yahya, M,Ec., Ak., CA., CPA dan Bapak Dr. Nadirsyah, SE., M.Si., Ak., CA . Dalam pemaparannya, Bapak Drs. M. Rizal Yahya, M,Ec., Ak., CA., CPA mengatakan bahwa akuntansi adalah ilmu penting karena merupakan bussiness languange, beliau juga  berharap agar mahasiswa akuntansi dapat memperkuat dasar-dasar akuntansi dan menguasai software akuntansi di era serba digital ini.

Di samping itu, Ibu Dr. Fifi Yusmita, SE., M.Si. yang merupakan pemateri keempat pada konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) mengatakan bahwasanya konsentrasi SIA merupakan peminatan yang masih tergolong sangat sedikit dalam akuntansi. Beliau mengharapkan setelah selesai pemaparan materi dari seminar ini mahasiswa akuntansi dapat tertarik untuk mengambil konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi, karena pada konsentrasi ini ke depannya banyak peluang untuk mahasiswa dalam dunia kerja nantinya.

“Semoga mahasiswa, termasuk saya bisa lebih tau apa yang harus dipilih ke depannya untuk konsentrasi dan langsung terarah ketika pengajuan judul,” tutup Annisa Apriana selaku ketua panitia kegiatan seminar kali ini.

(Perspektif / Husna & Alwida)