6 Cara Mengendalikan Emosi

 

Mengendalikan emosi sangat penting kita lakukan. Mengapa begitu? Jika ingin berhasil dalam mengusahakan segala hal yang diinginkan, maka haruslah mampu untuk mengendalikan emosi. Apa hubungannya mengendalikan emosi dengan keberhasilan? Sederhananya, sebelum berhasil tentu haruslah berjuang terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Dalam perjuangan ini, banyak hal yang harus dipersiapkan, banyak pula rintangan dan tantangan yang akan datang menghadang, bukan?

Nah, jika dapat mengendalikan emosi, maka seberat apapun rintangan dan tantangan yang akan menghadang pasti akan lebih mudah untuk dilewati dan segala hal yang telah dipersiapkan akan menjadi lebih matang. Lantas bagaimana cara kita agar bisa menjadi seseorang yang dapat mengendalikan emosi? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengendalikan emosi :

  1. Kenali Dirimu Maka Engkau Akan Mengenal Tuhanmu.

Hendaklah kita meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk berbicara kepada diri sendiri bahkan hinggal hal terkecil sekalipun. Hal ini dilakukan untuk lebih mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang diinginkan dan apa yang harus dilakukan. Dengan begitu, kita  menyadari bahwa Allah akan memberikan yang terbaik dalam hidup ini. Percaya akan setiap rencana indah yang telah digariskan-Nya. Haruslah ikhlas, sabar, dan selalu bersyukur dalam menjalaninya. Sebab, Allah memberikan kesedihan kepada kita agar dapat mensyukuri kebahagiaan, memberikan kekurangan agar dapat mensyukuri kecukupan, dan memberikan kesakitan agar mampu mensyukuri kesehatan.

 

  1. Jika Kau Tinggalkan Perintah Allah, Maka Selesailah Hidupmu.

Perintah yang dimaksud di sini adalah janganlah meninggalkan ibadah wajib seperti shalat 5 waktu, puasa, zakat, berbakti kepada kedua orangtua dan ibadah wajib lainnya, serta alangkah baiknya lagi jika melakukan ibadah sunnah juga. Sebab apabila kita semakin dekat dengan Tuhan, maka semakin damai dan tenang pula jiwa dan hati kita, sehingga semakin baik pula pengendalian emosi yang ada di dalam diri kita ini.

 

  1. Lantunan dan Relaksasi

Dikala suasana hati sedang emosi hingga merasakan frustasi terhadap suatu hal, hendaklah mendengarkan musik relaksasi dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an. Resapi makna dari setiap alunan dan rasakan ketenangan setelahnya. Obat dari segala obat yang paling manjur untuk mengobati penyakit hati tidak lain dan tidak bukan adalah Al-Qur’an.

 

  1. Bukan Sehari, Namun Setiap Hari.

Menyadari bahwa pengendalian emosi bukan hanya berlaku untuk sehari saja tetapi juga dilakukan untuk setiap harinya. Sebab, masalah tidak hanya datang di satu hari saja, masalah bisa saja datang setiap hari dengan semaunya. Namun, masalah itu akan pergi dengan kehendak diri kita setelah menyelesaikannya.

 

  1. Sering Begadang, Impian pun Terhadang.

Hendaklah kita miliki pola tidur yang baik dan cukup. Sebab, keseringan begadang dan tidur di pagi hari akan membuat daya tahan tubuh dan daya kerja otak tidak dapat bekerja secara optimal dan maksimal. Tentu adanya kekacauan ini membuat suasana hati dan emosi menjadi tidak stabil dan sulit untuk dikendalikan bak perahu kecil yang terombang-ambing di lautan. Agar hal tersebut tidak terjadi maka milikilah pola tidur yang baik dan cukup serta haruslah mengurangi intensitas begadang agar dapat dengan baik mengendalikan emosi yang ada di dalam diri.

 

  1. Mood Booster

Bangunlah suasana hati yang positif di pagi hari. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sesuatu yang disenangi seperti membaca Al-Qur’an, mendengarkan musik, bermain alat musik, hingga berolahraga.

 

Beberapa tips di atas dapat dilakukan oleh kita semua untuk mengendalikan emosi. Karena emosi yang baik akan membawa hal yang baik pula. Jangan hancurkan apa yang sudah direncanakan hanya karena emosi yang tidak terkendali. (Frasdio Ismail)