Investasi Dan Manajemen Finansial Di Era Pandemi

Memasuki masa pandemi covid-19 yang semakin panjang, banyak dari masyarakat maupun mahasiswa yang mulai sadar dan mengerti bagaimana pentingnya mengatur keuangannya. Karena itu, BEM Universitas Syiah kuala terkhusus bidang Ekonomi Kreatif mengusung webinar tentang Investasi dan Manajemen Finansial.

Dalam berinvestasi kita haruslah memiliki alasan dan psikologi yang baik, karna banyak orang menganggap investasi akan membuat kita kaya. Sebenarnya pendapat ini tidaklah sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar karna tujuan dari investasi sendiri adalah bagaimana kita mencapai tujuan finansial kita. Ada beberapa produk dalam investasi antara lain.

1. Deposito dengan Retun fix 3-4%
2. Obligasi dengan Return 6-7%
3. Reksadana Return tidak fix
4. Saham Return tidak fix
5. Forek atau komoditi Return tidak fix dan volitas tinggi
6. Crypto Return tidak fix volaritas tingi

Berdasarkan urutan tersebut, setiap produknya memiliki resiko dan profit masing-masing. Semakin tinggi angkanya dan tak terhitung return maka biasanya resiko juga akan sangat tinggi. Crypto currency merupakan hal yang tengah banyak diperbincangkan belakangan ini, baik oleh kalangan masyarakat maupun mahasiswa. Bitcoin juga merupakan asset investasi yang banyak digemari di dunia, bahkan beberapa negara telah menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran. Namun, ada beberapa alasan orang lebih memilih investasi crypto karna asset mudah diperjual belikan tanpa harus adanya perantara pihak ketiga, dan penyimpanan sangat aman dengan menggunakan dompet digital atau wallet.

Tiga crypto yang paling banyak digemari adalah Bitcoin, Binance coin, dan Ethereum. Namun dalam Syariah sendiri belom ada fatwa tentang kehalal maupun keharapan dari crypto maka untuk sementara waktu pilihan 1-4 merupakan anjuran yang baik bagi ummat muslim.

Ada 2 analisi dalam investasi, yang pertama Analisi fundamental, mereka biasanya lebih fokus dan memahami investasi dengan analisi mikroekonomi, makroekonomi, laporan keuangan, prospek bisnis kedepan dan rasio keuangan dari suatu perusahaan (investor jangka Panjang). Sedangkan Analisis teknikal (Trader jangka pendek) mereka akan fokus pada grafik saham dan pola harga saham. Tokoh utama investasi adalah Warran Edward Buffet dan tokoh trader adalah  George Soros.

Proses pembukaan akun investasi sendiri akan melalui beberapa tahapan yang pertama adalah dengan cara mengisi form akun sekuritas dan pembukaan rekening dana nasabah, selanjutnya form akan di proses, RDN diproses oleh bank, kemudian setor dana ke RDN dan akun telah selesai.

Investasi  dapat memulihkan perekonomian Indonesia yang sedang terpuruk di tengah pandemi. Pertumbuhan GDP atau gross domestic product Indonesia pada 2021 sebanyak 4,5% yaitu tertinggi keempat se-Asia Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia bisa bertahan di masa pandemi dengan adanya peningkatan angka produksi.

Ketika ingin menerapkan manajemen finansial, hendaknya kita perlu mengatur keuangan sebelum berinvestasi. Kita harus memikirkan pengeluaran sebaik mungkin, termasuk mahasiswa. Sebaiknya dianjurkan untuk menyimpan 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk cicilan/dana darurat, dan 30% untuk tabungan/investasi. Serta manajemen finansial bagi mahasiwa seperti, hitung pemasukan dan pengeluaran, alokasikan dana yang tersedia, belajar berinvestasi sejak dini, usahakan penambahan pemasukan, dan pentingnya pengendalian diri.

*Rilis oleh BEM

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.