Penggunaan Email Kampus di Kalangan Mahasiswa USK

Desain by : Rama

Darussalam – Tidak bisa dipungkiri segala sesuatu di masa sekarang ini tidak luput dari teknologi. Tak terkecuali penggunaan sarana media elektronik dikalangan mahasiswa. Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang dapat dirasakan, yaitu penggunaan Email (surat elektronik) sebagai media komunikasi antara mahasiswa dengan mahasiswa lain, atau mahasiswa dengan dosen untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar. Hampir setiap universitas memiliki akses Email resmi yang difasilitasi kepada mahasiswa/I nya.

Universitas Syiah Kuala (USK) merupakan salah satu kampus yang memberikan akses Email kampus resmi kepada seluruh mahasiswa nya (email@mhs.unsyiah.ac.id). Email kampus resmi ini didapatkan saat pertama kali mahasiswa melakukan registrasi ulang untuk masuk ke USK.

Namun melihat penggunaan email kampus ini dikalangan mahasiswa USK, nampaknya masih banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan penggunaan email yang difasilitasi oleh kampus ini. Berbagai alasan yang diberikan oleh mahasiswa seperti yang diutarakan oleh Siti Intan, salah seorang mahasiswa Akuntansi USK’19 mengatakan bahwa Ia sudah nyaman menggunakan Email pribadi, karena Email pribadi sudah langsung terhubung ke Handphone, jadi tidak susah lagi untuk mengubah ke Email kampus saat ingin mengumpulkan tugas.

Kamisah, salah seorang mahasiswa USK dari prodi agribisnis’19 yang mengungkapkan bahwa dirinya sering menggunakan Email kampus dalam kegiatan perkuliahannya sehari-hari

“Saya sering menggunakan Email USK karena dibeberapa mata kuliah ada yang mewajibkan menggunakan Email USK terutama untuk menginstal beberapa aplikasi yang berkaitan dengan kegiatan belajar”

Namun, ada beberapa kendala yang kerap dialami mahasiswa USK saat login ke Email ini, seperti saat sinkronisasi Email tersebut dibutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga mahasiswa lebih memilih memakai Email pribadi untuk kegiatan belajar.

“Terkadang Email kampus sering mengalami kendala saat login seperti password yang salah, dan untuk diubah pun agak susah, karena harus langsung ke ICT apalagi saat masa kuliah daring. Pengaduan secara online bisa saja, tetapi respon ICT agak lambat. Jadi alternatifnya menggunakan Email pribadi supaya lebih cepat, ” jelas Kamisah ketika mengungkapkan kendala yg dialaminya saat login ke Email kampus.

Sangat disayangkan, masih banyak mahaiswa yang tidak memanfaatkan penggunaan Email kampus. Sedangkan Email kampus menawarkan beberapa kelebihan berupa kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan Email pribadi mahasiswa. Dan mahasiswa dapat lebih mudah membedakan pemberitahuan email pribadi dengan email kampus karena tidak akan bercampur jika dikelola dengan teratur.

Selain itu, hal ini juga dapat menjadi perhatian lebih bagi pelayanan ICT di Universitas Syiah Kuala agar lebih sigap menanggapi keluhan-keluhan dari para mahasiswa agar mereka dapat lebih nyaman dalam mengakses Email kampus untuk kegiatan perkuliahan. (Yukha, Vitri/Perspektif)