Sejarah Baru, Penobatan Duta Kampus Sebagai Representasi USK Bersamaan dengan Closing Ceremony USK Fair XVI

Foto : Hafiz

Darussalam – Tepat pada 19 November 2022  kemeriahan USK Fair XVI resmi berakhir, rangkaian kegiatan USK Fair ini sudah berlangsung sejak 13 November lalu dengan berbagai acara spektakuler seperti Seminar Nasional, Kuis Rank 1, Band Competition, USK Fair Award, Essay Competition, News Casting Competition, Speech Competition, Mini Vlog Competition, Fotografi, PES 2021, kompetisi Mobile legends  dan Pemilihan Duta kampus USK yang pertama kali dalam sejarah berdirinya USK. Pada malam sebelumnya sudah berlangsung  festival musik yang dibintangi oleh musisi tanah air yakni RAN dan Budi Doremi.

Bertepatan pada Sabtu Malam di gedung AAC Dayan Dawood, closing ceremony diselenggarakan sebagai penanda berakhirnya USK Fair XVI dengan sukses dan meriah. Pada malam ini pula USK memilih mahasiswa yang berkualitas sebagai representasi wajah baru dari USK. Pemilihan & penobatan Duta Kampus merupakan event perdana yang bertujuan menemukan ‘New Face’ USK dan menjadi role model bagi mahasiswa lainnya. Para finalis berasal dari berbagai fakultas yang ada di USK. Kurang lebih 100 mahasiswa mendaftar sebelum akhirnya diseleksi kembali oleh panitia Pemilihan Duta Kampus. Proses pemilihannya sendiri yakni mulai dari pra karantina hingga karantina para finalis untuk menilai secara maksimal dalam berbagai aspek apakah mahasiswa tersebut layak menjadi wajah dari USK.  10 pasangan finalis pria dan wanita tampil memukau dengan kostum menawan yang juga merupakan karya dari mahasiswa USK sendiri. 10 Pasangan finalis itu akan pilih menjadi 3 besar sebagai Duta Kampus, Wakil I Duta Kampus dan Wakil II Duta Kampus, serta pengumuman juara atribut.

Malam pemilihan ini turut dimeriahkan dengan sorak-sorai dari pendukung masing-masing finalis. Setelah dipilih finalis 3 besar, kemudian diadakan tahap pemilihan terakhir, yakni menjawab pertanyaan dari dewan juri secara langsung dihadapan para pendukung serta tamu lainnya, adapun pertanyaan yang diberikan yaitu seperti mengenai pengetahuan umum, psikologi, hingga bahasa Inggris. Para finalis diberikan waktu yang singkat untuk menjawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya. Setelah melewati tahap terakhir tersebut,  status Duta Kampus USK 2022 resmi dinobatkan kepada Frasdio Ismail  dan Nazla Athifah Silitonga. Dan untuk Wakil I jatuh kepada Alinafia Nasution dan Cut Sarah Humaira, Wakil II yakni Muhammad Rafli Aulia dan Utari Wulandari.

Duta Kampus USK turut mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp2.500.000 serta voucher treatment dari Benings Clinic Rp20.000.000 selaku salah satu sponsor acara ini. Selain Duta kampus, wakil I & II juga para juara atribut, mereka masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai dan hadiah tambahan lainnya.

Saat ditanya mengenai persiapan dan kesannya selama mengikuti pemilihan ini, Frasdio Ismail selaku Duta Kampus terpilih 2022 mengungkapkan bahwa persiapannya sangatlah klasik, yakni usaha dan doa. Ia juga turut mengungkapkan kesannya selama mengikuti proses pemilihan, ia bersyukur dalam banyak hal, utamanya adalah karena bertemu dengan orang-orang hebat, semua orang adalah juara bagi dirinya masing-masing. Sedangkan Nazla Athifah Silitonga selaku pasangan wanita dari duta kampus USK 2022 mengatakan bahwa persiapannya adalah hanya percaya diri dan berani mencoba. menurut Nazla Athifah Silitonga dengan mengikuti pemilihan ini ia merasa bersaing dengan dirinya sendiri. Mereka berharap kepada seluruh mahasiswa USK untuk turut berpartisipasi mengimplementasikan program-program kerja yang akan mereka laksanakan kelak.

Mengutip dari hasil wawancara dengan koordinator pemilihan duta kampus, Fadhillaturrahmi ia memberitahukan bahwasannya Pemilihan Duta Kampus ini merupakan saran dari Biro Kemahasiswaan USK, dan dapat terealisasikan tahun ini bersamaan dengan USK Fair, namun ia mengungkapkan jika Pemilihan Duta Kampus sebenarnya adalah sifatnya independen. Persiapan pemilihan duta kampus sendiri dimulai sejak awal September dengan berbagai pertimbangan agar output dari kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang eksistensi namun harus ada manfaat kedepannya bagi USK.

“Besar harapan saya pribadi sebagai Koordinator Pemilihan Duta Kampus 2022 ini agar semua advokasi agar dapat merealisasikan program rancangan mereka yang tentunya sangat bagus dan juga agar kedepannya tetap ada Pemilihan Duta Kampus ini dan menjadi agenda tahunan,” Ungkap Fadhillaturrahmi selaku Koordinator Pemilihan Duta Kampus.

Perspektif (Dinda & Rayyan)