HIMAKA Hadirkan PIA Ke-24, Mengusung Tema Menghadapi Pemulihan Ekonomi

Darussalam – Senin (18/10) Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) kembali hadir untuk yang ke-24 kalinya yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaka) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. PIA tahun ini hadir dengan mengusung tema “Accounting and Economics : Dealing with Economy Recovery”. Tema ini diusung sesuai dengan situasi yang kita hadapi sekarang yakni pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 melanda dunia, tak terkecuali Indonesia sejak tahun 2019.

Acara terbesar Himaka FEB USK yakni PIA yang berlangsung mulai 18 Oktober sampai 23 Oktober 2021 dibuka dengan terselenggaranya webinar internasional sekaligus kegiatan pertama PIA. Webinar internasional ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa tetapi juga Ketua Jurusan Akuntansi Dr. rer. Pol. Heru Fahlevi, S.E., M.Sc, serta Dosen FEB USK. Acara pertama PIA resmi dibuka oleh Dr. Faisal, S.E., M.Si., MA selaku Dekan FEB USK.

“Besar harapan agar PIA menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas pemuda dan pemudi bangsa,” harapan Muhammad Fitrah Ridwan selaku Ketua Umum Himaka yang disampaikan dalam kata sambutannya.

Webinar Internasional yang bertajuk “Facing Economic Recovery and Technology Advancement : An Accountant Perspective” menghadirkan pemateri nasional dan internasional yakni Dr.Fifi Yusmita, S.E., M.Si selaku Dosen FEB USK. Kemudian Dr. Maya Puspa Rahman selaku Associate Professor AI Qasimia University, Sharjah. Dan Yanuar Tedjawidjaja CPA (Aust.) selaku M&A Advisor, Director at Deloitte, Financial Advisory. Serta keynote Speaker Dr.Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Webinar ini dipandu oleh Dinaroe, S.E., MBA., Ak., CA selaku Dosen FEB USKsebagai moderator.

Webinar internasional ini menjelaskan bagaimana ekonomi pada saat pandemi Covid-19 melanda, dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga terjadinya resesi ekonomi, serta bagaimana menghadapi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi pada tahun ini pasca Covid-19 melanda. Hal ini dilihat dari perspektif seorang akuntan. Pembahasan lebih lanjut dan lebih rinci juga dapat didengar melalui Webinar Internasional PIA yang diselenggarakan secara live melalui platforrm Zoom dan Youtube Channel.

Dekan FEB USK berharap materi yang diberikan oleh pemateri nasional maupun internasional pada hari ini dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa terutama dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, dan melahirkan ideide penulisan karya ilmiah dengan topik-topik terkini dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa.

Selain Webinar Internasional, PIA 2021 juga menghadirkan serangkaian acara menarik lainnya yang dapat menunjang kemampuan dan pengetahuan mahasiswa atau siswa yang ikut berpartisipasi dalam acaranya. Serangkaian acara tersebut diantaranya Accounting Cycle, ECTAAC (Economic Tax Accounting), Public Speaking Contest, Tableau Software, PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) dan English Debate.

Kesuksesan pembukaan acara PIA ke-24 ini berkat Muhammad Teuku Irham selaku ketua panitia dan semua panitia yang ikut menyelenggarakan acara ini serta antusiasme para mahasiswa, siswa dan dosen FEB USK yang berpartisipasi dalam acara ini.

“Harapan saya terkait penyelenggaraan PIA tahun ini adalah dengan adanya PIA dapat menjadi wadah bagi pelajar untuk terus mengasah kemampuan mereka walaupun sedang dalam kondisi pandemi,” ungkap Muhammad Teuku Irham selaku ketua panitia.
Teuku Irham juga berharap untuk PIA tahun depan semoga kondisi ke depannya lebih baik lagi dan dapat memberikan warna baru bagi pelajar dan masyarakat.

(Perspektif/ Miftahul Jannah)