Serupa Namun Tak Sama, Beberapa Negara yang Memiliki Bendera Mirip dengan Indonesia

Ilustrasi by : Yukha

DarussalamSeperti yang sudah kita ketahui bahwa warna dari bendera Indonesia yakni merah putih, di mana warna ini melambangkan keberanian dan kesucian. Bendera merah putih ini resmi menjadi bendera kebangsaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tepat di hari kemerdekaan Indonesia. Tapi taukah kamu bahwa ada beberapa negara yang juga memiliki bendera serupa dengan Indonesia yaitu berwarna dasar merah dan putih ? Berikut daftarnya.

1. Negara Monako

Pertama, ada bendera dari negara Monako. Jika dilihat sekilas, bendera dari negara ini cukup mirip dengan Indonesia. Sama sama berwarna merah putih polos dan letak warna pun sama. Namun meski terlihat identik, kedua bendera ini memiliki perbedaan. Dari segi ukuran bendera Indonesia memiliki perbandingan 2:3 sedangkan Monako 4:5. Perbedaan kedua terletak pada makna dari bendera itu sendiri. Berbeda dengan Indonesia yang mana merah melambangkan darah bermakna keberanian dan putih bermakna suci. Untuk Monako sendiri warna merah identik dengan house of grimaldi sedangkan warna putih melambangkan nilai positif manusia yang bermakna kemurnian dalam kehidupan spiritual. Bendera dari negara ini lebih dulu dipatenkan yaitu pada tanggal 4 April 1881.

2. Negara Polandia

Negara kedua yang memiliki bendera dengan warna merah dan putih adalah Polandia. Berbeda dengan Indonesia dan Monako, warna bendera Polandia merupakan kebalikannya di mana warna putih terletak diatas dan merah di bawah serta memiliki sebuah lambang elang putih. Lambang ini terkadang digabungkan ke bendera saat kunjungan ke luar negeri.  Bendera Polandia memiliki rasio ukuran 5:8 dan diresmikan pada 1 Agustus 1919. Bendera yang berasal dari negara ini juga memiliki makna yang hampir sama dengan Indonesia dimana merah berarti perjuangan sebagai simbol darah dan putih berarti perdamaian.

3. Negara Austria

Austria juga salah satu negara yang menggunakan warna merah dan putih untuk benderanya. Bedanya, Austria terdiri dari tiga garis horizontal dengan warna merah, putih dan merah lagi. Bendera ini diresmikan pada 1918 dan memiliki rasio ukuran 2:3. Bendera Austria disebutsebut sebagai salah satu desain bendera tertua di dunia.

4. Negara Greenland

Selanjutnya ada bendera dari Greenland yang terletak di benua Amerika bagian Utara di mana sebagian besar wilayahnya tertutup oleh es. Bendera asal Greenland ini merupakan bendera dwiwarna horizontal putih merah dengan sebuah lingkaran yang berwarna merah di atas dan putih di bawah.  Bendera asal negara ini dari segi letak warna  mirip dengan Polandia, hanya saja ada sebuah lingkaran tambahan yang membedakannya. Bendera ini didesain oleh Thue Christiansen dan diresmikan pada 21 Juni 1985.

5. Negara Singapura

Singapura juga memiliki desain yang hampir sama dengan Indonesia dan beberapa negara lainnya. Di mana warna dari bendera Singapura juga berwarna merah putih dengan tambahan gambar bulan sabit dan lima bintang bewarna putih di bagian atasnya. Merah melambangkan persaudaraan, putih kesucian, bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju dan kelima bintang melambangkan 5 prinsip yang dipegang oleh Singapura yakni demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan keseksamaan.

6. Negara kanada

Yang terakhir ada bendera dari Kanada yang merupakan sebuah negara di Amerika Utara, berdekatan dengan Greenland. Bendera dari Kanada merupakan kebalikan dari Autria. Bendera ini terdiri dari tiga garis vertikal yang berwarna merah, putih, merah, dan bagian warna merah lebih kecil dari bagian warna putih. Pada bagian putih juga terdapat gambar daun maple bewarna merah.

Itulah beberapa negara yang memiliki warna merah dan putih. Meski menggunakan warna yang sama, beberapa di antaranya memiliki perbedaan baik dari segi ukuran maupun dari segi makna dan juga dari peletakan warnanya juga berbeda. (Shatila/Perspektif)

Editor: Jannah

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.