Yuk Intip Cara Mengatur Waktu Ala Mahasiswa Zaman Now

Foto by Puan Hayati

Waktu merupakan hal yang sangat penting bagi pelajar maupun mahasiswa. Mengapa tidak? Awamnya karena ‘waktu adalah uang’. Menjadi mahasiswa aktif di kampus pasti memiliki permasalahan dalam me-manage atau mengatur waktu. Baik dalam perkuliahan, organisasi, tugas,dan lain sebagainya membutuhkan kemampuan dalam mengatur waktu.

Menurut Forsyth si penulis dan komentator politik, manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektivitas dan efisiensi juga produktivitas. Apabila kamu tidak mengelola waktu dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kamu tidak akan mencapai tujuan yang direncanakan.

Tidak peduli siapa kamu, berapa usia mu, berapa pendapatanmu, apa ras atau agama yang kamu miliki, kaya atau miskin, mahasiswa atau bukan pun kamu memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain. Jadi gunakanlah waktumu dengan sebaik mungkin.

Untuk lebih jelas, mari simak beberapa me-manage waktu dengan baik dan efektif.

1. Membuat To Do List

Mengerjakan sesuatu tanpa perencanaan akan membuat pekerjaan tidak efektif dan akan membuang waktu dengan sia-sia. Oleh karenanya, buatlah dengan rapi susunan daftar aktivitas selama beberapa hari, minggu ataupun bulan. Cara ini dapat dilakukan dengan mencatat pada ‘note book’  yang tersedia di smartphone kamu.

2.  Menyusun skala prioritas

Cara ini sedikit lebih ampuh  karena mengatur waktu sesuai dengan apa yang ingin dilakukan terlebih dahulu. Skala prioritas berguna bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas. Dengan mengurutkan hal terpenting sampai kepada hal yang dirasa tidak penting.

3. Menetapkan strategi waktu dengan tepat

Dalam cara ini, strategi waktu adalah kuncinya. Memperkirakan dengan menghitung waktu akan terbuang berapa menit sampai suatu aktivitas tersebut terselesaikan. Biasanya cara ini dilakukan oleh orang- orang yang teliti dan cekatan. Mereka tidak ingin waktunya terbuang percuma.

4. Tetap fokus

Agar mengatur waktu lebih efektif coba dengan cara tetap fokus. Arti fokus dalam hal ini adalah kamu harus mampu menahan godaan teman-temanmu yang mengajak untuk melakukan aktivitas diluar prioritasmu. Belajarlah agar selalu berkonsentrasi saat melakukan kewajiban. Hal ini dapat dipraktekkan saat mengerjakan tugas, usahakan mengerjakannya sendiri terlebih dahulu.

Tidak ada kesempatan yang datang untuk kedua kalinya, itu artinya saat mendapatkan peluang waktu yang lebih manfaatkan peluang tersebut dengan baik. Katakan tidak pada hal-hal yang akan membuang waktu anda, kelola waktu kamu sebaik mungkin,jangan sampai orang mempengaruhi waktu kamu. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk melakukan sesuatu hal yang bermanfaat dan jangan pernah menyepelekan waktu. (HANA&JI)